Alam GHaib



Melihat Cahaya Biru Indah di Langit, Karunia Allah atau Gangguan Jin?

Assalamu’alaikum wr. wb.

Ustaz, saya pernah melihat cahaya warna biru halusi di atas langit pada malam hari kira-kra jam 11 malam… Cahaya itu berbentuk bulat yang berada di atas langit hingga turun ke bawah bersentuh dengan bumi, dan saya tidak mampu untuk menggambarkan bagaimana indahnya cahaya warna biru halusi itu. Tapi, anehnya yang boleh melihat cahaya itu hanya saya sendiri, sedangkan kawan yang berada di samping saya, ketika saya tunjukkan ke arah cahaya itu tidak dapat melihatnya.

Yang ingin saya tanyakan, apakah ini adalah kurnia dari Allah yang diberikan kepada saya yang berbentuk keindahan memandang, ataukah suatu gangguan mahluk halus (jin) untuk melemahkan iman saya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

Wassalaamu’alaikum wr. wb.

Zen

Jawaban
Wa’alaikumsalaam wr. wb.

Saudara Zen, saya berharap anda berhati-hati dalam masalah ini. Kerana dalam beberapa kes di Makan2.Cara sepert ini digunakan syaitan untuk menjadi senjata mengelabui orang-orang yang beriman Banyak orang yang tertipu, merasa dirinya mendapat kurniaan Allah SWT, padahal sesungguhnya itu adalah tipu daya syaitan. Jadi sebaiknya anda jangan merasa itu adalah limpah kurnia Allah sebelum dibuktikan apakah itu anugerah dari Allah, paling tidak anugerah memandang keindahan cahaya.

Dalam kes ini, ada sesuatu yang janggal. Kejanggalanya iaitu hanya anda yang dapat melihat cahaya tersebut, sedangkan teman anda tidak dapat melihatnya. Biasanya yang seperti ini merupakan helah, bahawa ini adalah hal yang ghaib. Kes ghaib seperti datangnya cahaya, pada masa sekarang biasanya yang sering melakukan adalah syaitan. Untuk itu lakukanlah seperti apa yang pernah disebutkan dalam sejarah. Ketika ada seorang ulama yang sedang melaksanakan solat tahajud di malam, tiba-tiba ada cahaya di hadapannya dan berkata, "Saya adalah tuhanmu." Kemudian si Ulama(syeikh abdul kadir jailani) tersebut mengatakan, "Pergilah engkau (syaitan) musuh Allah yang terlaknat." itulah tipu daya/kuasa ghaib bapa iblis(azazil) yang terbesar yang tidak pernah dilakukan terhadap nabi dan rosul.

Ingat ketika dahulu Azazil adalah ketua para malaikat yang kuat beribadah kepada Allah hatta setiap langkah azazil disertai sujud memuji Allah ya esa.Apabila Allah berfirman(rujuk suroh albaqorah) bahawa ingin menguji para malaikatnya,pastu para malaikat pun meminta pertolongan doa dari Azazil kerana dialah yang paling warok daripada sekalian malaikat-malaikt.kemudian azazil pun memohon pertolongan daripada Allah agar para malaikat terselamat daripada ujian Allah subhanahu wataala,tetapi dia tidak mendoakan untuk dirinya.Kerana Azazil merasa dirinya tidak mungkin diuji kerana dialah yang paling kuat beribadah daripada sekalian para malaikat begitu riak dan sombongnya dia.Akhirnya Azazil lah yang diuji oleh Allah.Ujian itu telah difirmankan oleh Allah dalam surotul baqorah ayat 29-33.Azail tidak puas Hati kerana perlu akur sujud dengan ciptaan Allah yang berasal daripada TANAH(Nabi ADAM) yang dianggap lemah padahal dia diciptakan daripada API  yang menganggap dirinya lebih kuat.Sesungguhnya Allah maha bijaksana dan maha mengetahui,AZAZIL diciptakan daripada Api tetapi malaikat diciptakan daripada NUR.fikir-fikrkan kenapa sebab lain Azazil diuji,perhatikanlah dia diciptakan daripada Apa??Fikir-fikirkan..[berhati2 jangan percaya cerita ini kerana kemungkinan ia israeliyah yang dibuat2,ingat kita manusia takkan mampu mengetahui perkara ghaib melainkan sedikit sahaja]

Sambung balik topik diatas..Kalau ini yang terjadi pada kita, mungkin kita akan menganggap bahawa kita akan mendapat ilham / wahyu dari Allah SWT, apalagi cahaya itu hadir di saaat solat malam. Tapi, ketika cahaya itu datang kepada seorang ulama, ternyata si ulama itu tahu bahawa ini adalah syaitan, sebab tidak mungkin Allah datang dalam bentuk seperti itu. Dan zaman kini sudah tidak ada lagi Nabi yang diutus secara wahyu. Oleh kerana itu, anda perlu berhati-hati.Muhasabah diri anda, apakah ada perubahan. Perubahan itu kemungkinan mbuat anda tambah sakti atau anda tambah memiliki kepekaan terhadap dunia ghaib bahkan anda mampu meramal dan lain-lain seperti bomoh yang telah tersesat kerana jin syaitan.

Saya cadangkan, anda melakukan ruqyah. Untuk membuktikan bahawa tidak ada gangguan, kerana kes cahaya tersebut. Kalaupun tidak ada reaksi, maka anda dapat bersyukur dan jangan diterjemahkan macam-macam, apa erti dari cahaya biru itu. Sebab mungkin syaitan ingin menyelipkan makna fitnah, di mana manusia terfitnah kerana merasa telah mendapat keistimewaan dari Allah, padahal itu adalah tipu daya syaitan.

Demikian jawapan saya, semoga Allah SWT melindungi anda sekeluarga

........................................................................................................................................................................
___________________________________________________________________________________

Gangguan Setiap Kali Mahu Solat

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Ustaz, saya mempunyai kedua orang tua yang sering sakit,bapa saya mempunyai penyakit susah tuk jalan dan sakitnya kadang-kadang sihat, kemudian sakit lagi. sudah berubat ke mana-mana baik ke doktor maupun tradisional, tapi sampai sekarang keadaan orang tua saya masih sakit. Menurut doktor, ada masalah urat kejepit dan othoporosis,

Selain itu, ibu saya juga sedang sakit.Meskipun sakit,biasanya ibu saya rajin solat malam. Namun, akhir -akhir ini kalau ibu saya mahu solat malam, sering mengalami gangguan, terkadang rasanya mahu buang air besar dan perut sakit dan akhirnya ibu saya jadi takut kalau bangun malam, kerana takut perut sakit atau ingin buang air besar. Yang ingin saya tanya, apakah kedua orang tua saya terkena gangguan jin dan apakah perlu diruqyah(rawatan islam)?

Wassalaam

Mumuh

Jawapan
Wa’alikumsalaam wr. wb.

Saudara Mumuh, Apa yang dialami oleh kedua orang tua anda merupakan satu hal yang mudah-mudahan menjadi pengangkat darjat dan pengampun dosa keluarga anda, kerana ketika Allah SWT mencintai satu kaum pasti Allah mengujinya. Untuk itu, harus hadapi dengan sabar dan jangan salah langkah dalam mencari rawatannya.

Apa yang dialami bapa anda,ialah medis yakni mengalami dua gangguan penyakit, namun bila anda ingin mengetahui apakah bapa anda mengalami gangguan jin, maka lakukanlah ruqyah, kerana ruqyah juga merupakan kaedah rawatan dalam Islam yang mampu menyelesaikan penyakit medis MURNI sabagaimana cara merawatnya.

Oleh kerana itu, ketika seseorang mengalami gangguan medis murni, ia diperbolehkan untuk memilih satu di antara dua, apakah menggunakan pengubatan medis atau menggunakan ruqyah, atau kedua-duanya.Rasulullah saw pernah melakukan ruqyah ketika digigit kalajengking, demikian juga para sahabat pernah meruqyah Kepala Suku yang digigit ular dengan menggunakan pengubatan ruqyah dan dengan izin Allah, orang tersebut sembuh.

Nabi Ayub dalam salah satu ayat Al-Qur’a menyebutkan, ketika beliau mengalami sakit yang berkepanjangan bahkan menjijikan, sehingga anak dan isterinya pergi meninggalkannya. Nabi Ayub mengatakan, sesungguhnya aku terkena sihir syaitan, ertinya syaitan pun mampu membuat seseorang menderita penyakit fisik dan cubalah lakukan ruqyah.

Adapun masalah yang menimpa ibu anda, di mana mengalami gangguan ketika solat malam, mungkin itu cara syaitan untuk menjauhkan ibu anda dari ibadah kepada Allah SWT, kerana syaitan sentiasa berusaha menjauhkan muslimin dari beribadah kepada Allah, seperti sumpah iblis di hadapan Allah ketika dikeluarkan dari surga. Di mana iblis akan menyesatkan seluruh anak cucu Adam, dengan berbagai cara agar tidak beribadah kepada Allah SWT.

Apalagi gangguan yang dialami ibu anda nampaknya janggal, di mana setiap kali mahu solat ibu anda mengalami sakit perut. Saya fikir ini merupakan satu tandana, mungkin ibu anda terkena gangguan syaitan, maka silalan lakukan ruqyah terhadap kedua orang tua anda. Demikian jawapan dari saya, Mudah-mudahan, orang tua anda sihat kembali dan mampu beribadah dengan baik.

Wassalaamu’alaikum wr. wb.


__________________________________________________________________________________

Benarkah Manusia mampu untuk Menangkap Toyol?
Assalaamu’alaikum wr wb

Ustaz, ada satu kejadian yang sampai sekarang masih bermain dalam hidup saya. Sewaktu di pondok dulu, kami sering kehilangan wang dan ada satu orang yang kami kenal mempunyai ilmu seperti ilmu batin. Lalu orang itu, kami beri kepercayaan untuk menangkap toyol tersebut dengan cara menabur biji kacang hijau di dalam botol, dan selang beberapa minit kacang hijau itu bergerak dengan sendirinya. Teman saya itu segera menutup botolnya dan dia mengatakan bahawa tuyul itu telah tertangkap.

Setelah kejadian itu kami tidak pernah kehilangan wang lagi di asrama. Yang lebih aneh lagi, dia mengatakan pekerjaan menangkap tuyul itu dapat dilakukan oleh orang yang tidak mempunyai ilmu-ilmu kebatinan, khalayaknya seperti orang biasa-biasa saja yakni orang awam. Adakah kejadian seperti ini benar atau hanya mainan dia saja? syukron

Wassalaam

Abdullah Sulaiman

Jawapan
Wa’alaikumsalaam wr. wb.

Saudara Abdullah, ada beberapa hal yang harus kita jaga dalam peristiwa yang anda dan teman-teman anda alami yaitu pertama, boleh jadi ini hanya permainan dari orang itu, di mana ia ingin diakui atau apapun tujuannya, mungkin sebenarnya ada orang tertentu yang mengambil wang anda, dan kemudian orang itu tidak melakukan pencurian wang lagi setelah peristiwa tersebut. Oleh karena itu, yang harus diyakinkan adalah apakah secara logikal kita, barang atau wang yang hilang itu mungkin tidak dicuri oleh manusia. Kalau masih ada kemungkinan dicuri oleh manusia, maka menurut saya tidak usah mengada-ada bahwa tuyul yang mencuri.

Tapi kalau menurut akal kita tidak mungkin manusia yang mencuri, dengan sistem security yang tidak mungkin dibongkar orang umpamanya, maka dalam kajian Islam sangat mungkin jin itu melakukan pencurian. Sebagaimana yang terjadi pada zaman Rasulallah saw, di mana salah satu sahabat yaitu Abu Khaira melihat tuyul yang mencuri sebagian harta, yang malam itu dijaga oleh dirinya sendiri.

Dalam sebuah hadis Nabi saw bersabda, bahwa Nabi memerintahkan kita untuk menutup sesuatu dengan Basmallah, kerana sesungguhnya syaitan tidak mampu untuk membuka pintu yang ditutup dengan kalimah Basmallah. Bererti, ada satu hal yang ingin disampaikan Nabi tentang syaitan,mungkin syaitan membuka sesuatu yang tertutup dengan tujuan untuk mcuri, maka Nabi memerintahkan kita untuk menutup sesuatu dengan Basmallah.

Kalau yang mencuri adalah tuyul, maka yang dilakukan dalam Islam adalah melakukan antisipasi. Apakah mungkin untuk mengembalikan barang yang hilang? Tidak ada cara khusus untuk mengembalikan wang tersebut, melainkan memanjatkan doa @ membaca surah yang diamalkan dan minta kepada Allah SWT agar dikembalikan barang yang hilang tersebut atau mengganti dengan yang lebih baik, kerana itu adalah suatu musibah.

Mengenai kenyataan orang tersebut bahwa setiap orang mampu melakukan penangkapan tuyul, ini merupakan pernyataan yang tidak berlandaskan dalil. Untuk itu jangan terlalu difikirkan. Penangkapan tuyul dan kemudian dimasukan ke dalam botol? Pengusiran jin dari kehidupan manusia dalam Islam bukan dengan cara seperti itu, tapi dengan membacakan ayat-ayat Al-Qur’an. Oleh kerana itu, banyak-banyaklah berdoa agar tidak ada lagi barang yang hilang, mintalah perlindungan hanya pada Allah. Ikhlaskanlah barang atau wang yang sudah hilang, semoga Allah memberikan gantinya dengan yang lebih baik.Jauhilah perbuatan syirik itu kerana hanya Allah sahaja yang boleh menolong kita.Segala kekuasaan dan kelebihan datang dari Allah yang Esa.

Wassalaamu’alaikum

HAMBA ALLAH                                    
—————————————————------------------------------________________


Menghilangkan Ilmu Penangkal Jin yang Diajar oleh guru silat di pondok

Assalaamu’alaikum wr wb

Ustaz, dulu saya pernah BERNIAT menuntut ilmu silat di pondok lama selama 6 tahun.Tapi, kerana sering sakit di sebabkan gangguan jin, saya mengurangkan niat menjadi 3 tahun saja, dan lepah tu saya melanjutkan ke M.A.N

Sewaktu sering sakit di pondok kerana gangguan jin, saya di beri semacam ilmu penangkal berupa keris plus doa-doa, agar tidak sakit lagi yang disebabkan gangguan jin.Alhamdulillah Lepah dari itu, sampailah sekarang  saya sihat-sihat saja.

Sekarang keris itu di rawat oleh seorang dukun. Yang ingin saya tanyakan  "adakah ilmu itu sekarang dalam badan saya?" Kerana saya tidak ada merasakan sesuatu dalam diri saya seperti pernah kemasukan dan lain-lain. Apa yang harus saya lakukan selanjutnya? Syukron dan sebelumnya jazakallahu katsiron.

Wassalaamu’alaikum wr. wb.

Ranzi

Jawapan
Wa’alaikumsalaam wr. wb.

Saudara Ran, Untuk menangkal sakit kemudian diberikan bekal doa, agar tidak sakit. Kalau doanya tidak mengandung unsur syirik, maka tiada masalah. Apalagi doa itu berasal dari Rasulallah saw, tapi yang menjadi masalah apakah doa tersebut telah di cek dengan benar, bahwa tidak mengandung unsur syirik dan musrik atau tidak ada kesalahan pada susunan doanya, dan tidak ada campuran mantra-mantra.

Penangkal berupa keris itu jelas merupakan kesalahan, kerana keris tidak pernah dijadikan galakan sebagai penangkal sakit. Jadi keris ini adalah seumpama kepercayaan yang harus dimusnahkan dari diri anda, dari keyakinan anda dan dari kehidupan anda.

Apakah ilmu tersebut masih melekat pada diri anda? Sebenarnya gangguan jin itu tidak selalu dalam bentuk kerasukan, kadang-kadang orang jadi malas beribadah, gelisah, sedih, sakit, pemarah yang berpanjangan dan merasa memiliki kepribadian ganda. Ini semua boleh memberi kesan akibat gangguan jin yang disebabkan dari ilmu yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit.

Oleh kerana itu, untuk memastikannya. Sila melakukan ruqyah(rawatan islam) pada diri anda, sampai yakin tidak ada reaksi. Kalau memang tidak ada reaksi, alhamdulillah bererti anda sudah tidak mengalami gangguan. Tapi yang paling penting adalah anda harus bertaubat, bahwa apa yang telah anda lakukan dengan menyimpan keris, menerima keris atau menerima amalan yang salah, merupakan suatu kesalahan dan anda segera bertaubat. Mudah-mudahan kita meninggal dalam keadaan husnul khatimah, semoga ini menjadi pelajaran buat yang lain agar lebih berhati-hati dalam menerima amalan atau doa-doa, lebih baik tanyakan dahulu pada ahlinya. Semoga Allah SWT melindungi anda.

Wassalaamu’alaikum wr wb

HAMBA ALLAH

—————————————————-
         END
——————————————————-

Ke Mana Saya Pergi Selalu Diikuti Jin

Assalamu’alaikum wr. wb.

Ustaz, saya ingin tanya kenapa kalau saya berkunjung ke rumah teman atau kerabat sering ditanya macam-macam, itu siapa di samping kiri kananmu atau di belakangmu. Bahkan istri saya kadang-kadang suka melihat saya ada di rumah dengan seragam kerja, padahal saya sedang ada di OFFICE, atas jawaPannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum,

Azman

Jawapan
Wa’alaikumsalaam wr. wb.

Saudara Azman, rmasalah yang anda alami harus segera diselesaikan. Kerana kalau anda biarkan boleh merebak kepada fitnah atau hal-hal yang sifatnya merugikan keluarga. Tapi sayangnya, anda tidak menyebutkan latar belakang dari kehidupan anda. Masalah ini pun sering saya jumpai dalam perubatan saya.

Mungkin anda mempunyai jin yang selalu mengikuti anda, sehingga orang tertentu yang mempunyai kemampuan melihat jin, dapat melihat anda selalu didampingi oleh makhluk ghaib, bahkan istri anda pun boleh melihat anda sedang berada di rumah, padahal anda sedang berada di office.Kebiasaannya ia berlaku kepada arwah yang telah lama meninggal,jadi Jin(qorim) tersebut menyerupai arwah.

Ini terjadi kerana semasa Arwah itu hidup dia telah berjanji dengan mana-mana makhluk halus dan tidak menunaikan janjinya itu.Contohnya yang terjadi sekitar Gua musanG yakni arwAh meminta pertolongan dari kalangan Jin supaya menjaga kebunnya,Kemudian Jin tersebut meminta supaya diberinya 3 biji telur,dijamu asAp kimian atau menyuruh berpuasa untuknya bukan kepada Allah(la lillahi taala).Begitulah contoh syarat2nya,kemudian arwah sanggup melakukannya selama 1 kali seminggu atau sebulan atau setahun.

Jadi apabila seseorang pencuri atau orang yg tidak berkenaan masuk ke dalam kebunnya mereka akan melihat Jin itu berupa Harimau,Makhluk besar tinggi,Pokok besar dan menyerupai wajah arwah atau mereka sesat didalam kebun tidak dapat keluar walaupun kebun itu kecil.Dan apabila arwah mati pula,menyebabkan dia tidak dapat menunaikan janjinya pada jin yakni sarat yang diminta oleh jin maka Jin itu akan mengganggu keluarganya supaya salah seorang ahli keluarga arwah itu meraikan atau menjalankan upacara(syarat2) yang dijanjikan oleh arwah semasa hidup.

Atau kemungkinan ini dipengaruhi oleh ilmu yang anda pelajari atau wirid2 yang anda amalkan, namun bila anda tidak melakukan itu semua, mungkin ini hasil dari warisan atau keturunan dari orang tua. Meskipun masalahnya tidak disebutkan, tapi yang jelas bahwa dalam keadaan seperti itu, maka harus segera diselesaikan. Apalagi jin itu sudah hadir di rumah dengan menyerupai anda yang mampu dilihat oleh isteri.

Saya khuwatir, jin itu nakal tuk melakukan hal-hal yang lebih kacau lagi atau membuat fitnah dengan menyerupai wajah anda. Oleh karena itu, masalah ini harus segera diatasi dengan melakukan ruqyah, agar jin yang mendampingi anda selama ini segera pergi dari kehidupan anda. Yang perlu diingat bahwa kesan terbesar dari jin atau setan adalah memisahkan antara suami dan isteri.

Demikian jawapan dari saya, mudah-mudahan masalah anda cepat selesai dan mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Wassalaamu’alaikum wr. wb.

—————————————————-——————————————————-

Kesulitan Menjual Rumah dan Tanah yang Diduki Makhluk Ghaib

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ustaz, rumah saya adalah rumah yang kuno lama, tapi yang masih digunakan adalah rumah bagian depan, sedangkan rumah bagian belakang sudah tidak pernah digunakan lagi, bahkan sudah dirubuhkan. Luas rumah dan tanah yang akan di jual sekitar 3.450 m persegi.

Menurut orang yang mampu melihat hal-hal ghaib, katanya ada penunggu rumah dan tanah tersebut. Untuk rumah bahagian depan, ada pakcik yang baik menjaga rumah depan tersebut sedang yang bahgian belakang dihuni mahluk-mahluk yang tidak suka dengan keberadaan manusia.Abang saya dan teman-temannya, pernah singgah sampai jam 2 pagi dan kawan abang saya merasa ada yang tidak suka dengan keberadaan mereka malam itu. Mereka segera pulang dan kejadian itu baru diceritakan esok hari pada abang saya itu.

Benarkah apa yang terjadi pada malam itu adalah ulah dari jin atau setan yang menempati tempat itu sejak lama? Tapi kami yang berada di rumah itu tidak pernah mengalami hal-hal yang aneh, hanya orang-orang tertentu saja yang pernah mengalami hal aneh, tetapi kebanyakan adalah orang-orang tua yang sekarang sudah ada yang meninggal. terdapatkah cara untuk kami jual rumah dan tanah secepatnya? Terima kassiih atas  jawaban yang bakal ustaz berikan.

Wassalamu’alaikum,

Fitridian

Jawapan
Wa’alaikumsalaam wr. wb.

Saudara Fitridian, dalam beberapa kes, setan itu juga berusaha merugikan kita dari sisi harta yang kita miliki, sehingga kadang-kadang si hir itu dapat menghancurkan benda, merusak atau membuat barang dagangan tidak laku dan lain-lain. Hal ini dilakukan melalui para dukun atau memang ulah setan di tempat itu.

Kalau menurut cerita anda, rumah anda sangat lebar dan luas, kemudian rumah bagian belakang tidak ditempati. Maka sangat wajar bila setan menempati rumah tersebut, karena Rasulallah saw mengatakan, bahwa setan sering berada di rumah atau tanah yang kosong, untuk itu jangan sampai ada rumah atau ruangan yang kosong dari aktifitas.

Oleh kerana itu, lakukan pembersihan terhadap rumah dan tanah anda, jangan sampai kotor, dan terlihar kumuh. Kalau memang faktornya kerana gangguan setan dan boleh dirasakan oleh sebagian orang, dan membuat tanah menjadi tidak laku, yang disebabkan setiap orang yang akan membeli selalu melihat hal-hal yang aneh.

Sebaiknya anda melakukan ruqyah pada rumah anda, sebagimana yang disabdakan Rasullah saw, “Sesungguhnya rumah yang dibacakan surat Al-Baqaraah, maka setan akan lari dari rumah itu.” Setelah pengaruh buruk dari setan sudah pergi, maka diharapakan rumah dan tanah anda cepat laku, ketika dijumpai pembeli yang terkenang dan tidak membatalkan lagi kerana faktor ketakutan yang ditimbulkan oleh setan.

Demikian jawaban dari saya, semoga tanah dan rumah anda cepat laku, tanpa ada gangguan lagi. Amin.

Wassalaamu’alaikum wr. wb.

—————————————————-.................................................................................................


Anak Saya ada Teman Ghaib,wauuuuu

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ustaz, anak saya menurut beberapa orang yang mpunya kelebihan untuk melihat mahluk ghaib, mempunyai teman main berupa mahluk halus. Bahkan ada yang kata kalau temannya itu menampal di kepalanya, dan menyebabkan transfer perintah dari otak yang merupakan pusat syaraf terganggu. Perlu ustaz ketahui sampai loni, anak saya belum lancar berbicara dan sulit sekali untuk diberitahu, bahkan cenderung hiperaktif. Apakah temannya itu yang menyebabkan hal tersebut? ye ke hal tersebut terjadi dan jika benar apakah yang harus saya lakukan? Terima kasih atas jawabannya.

Wassalam

Meita

Jawapan
Wa’alaikumsalaam wr. wb.

Saudari Meita, mudah-mudahan masalah yang menimpa anak anda, bukan merupakan gangguan ghaib, tapi merupakan ciri anak yang cerdas atau merupakan kenakalan yang biasa. Sekarang tinggal bagaimana kita mengarahkan dan mendidiknya.

Saran saya, jangan terpengaruh dengan ucapan-ucapan orang yang tidak mempunyai landasan syariat. Kalau hanya berdasarkan pendapat saja, sebaiknya jangan dimasukan ke dalam hati. Tapi, anda perlu waspada dan hati-hati. Kalau memang ada yang janggal pada diri anak anda, misalnya suka bicara sendiri, tertawa sendiri dan asik bermain dengan sesuatu yang tidak terlihat.

Seorang anak kecil mungkin saja diganggu atau memiliki teman main dari dunia ghaib. Itu akan m'beri kesan negatif pada anak tersebut. kesannya bermacam-macam, seperti yang dialami oleh anak anda yaitu susah bicara, cenderung menyendiri atau ketakutan bermain dengan teman-temannya, memiliki kemampuan meramal dan melihat, bahkan hiperaktif. Mudah-mudahan ini bukan merupakan faktor dari jin.

Tidak ada salahnya anda mencuba melakukan ruqyah pada anak anda, kalau penyebabnya karena gangguan jin, mudah-mudahan dengan ruqyah dapat segera hilang dan anak anda dapat kembali normal, boleh bicara dengan lancar dan menjadi anak yang soleh.

Demikian jawapan dari saya, semoga anak anda selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Wassalaam,


—————————————————————————————————————–

Tidak mampu Melupakan Gadis yang Pernah Saya Pikat dengan Doa

Assalaamu’alaikum wr. wb.

Dahulu saya adalah seorang tolib di sebuah sekolah, sekarang saya kuliah di negara Arab. Saya dulu sering mempelajari ilmu khodam, ilmu tarekat juruz lainnya.

Setelah saya berangkat keluar negeri, saya jarang mengamalkan lagi. Saya pernah amalkan doa yang dapat memikat hati orang, tapi saya jenih pengamal yang teliti dan spesifik, yang tidak menerima amalan kecuali yang bersifat al-Quran atau zikir kepada Allah. Kemudian, saya pernah mencintai wanita sampai orang tuanya dan wanita itu minta ditunankan. Tetapi, bapa saya menolak kerna saya masih belajar.

Saya sudah berusaha melupakannya, namun bayangan wanita itu selalu menghantui saya, memang dia pernah saya doakan menggunakan ayat Al-Quran dari guru saya, Meskipun peristiwa itu terjadi beberapa tahun yang lalu, namun saya sangat susah untuk melupakannya. Yang ingin saya tanyakan, tolong jelaskan apa yang terjadi pada saya? Bagaimana jalan keluarnya?

Wassalaam

carrio

Jawaban
Wa’alaikumsalaam wr. wb.

Saudara carrio, sayangnya di sebahagian pelajar2 itu masih diajarkan ilmu-ilmu yang bersumber pada hal-hal yang sesat sifatnya, atau bekerjasama dengan jin. Citra pelajaran di masyarakat kita terlanjur terbentuk, bahwa pelajar yang hebat adalah pelajar yang mempunyai kelebihan supranatural, padahal kelebihan seperti itu ternyata banyak yang menggunakan kerjasama dengan jin.

Jadi dengan apapun dalihnya dan dengan apapun ritualnya yang nampak Islami di awal, ilmu yang anda miliki dimasa lalu itu harus dibuang, Walaupun anda tipe orang yang teliti dalam mengambil amalan atau melakukan ritual yang hanya dari Al-Quran, tapi anda telah menyalahgunakan Al-Quran. Kerna kalau kita mau jujur, bahwa yang paling hebat dalam urusan Al-Quran adalah Rasulallah saw.

Meskipun Rasulallah saw membaca Al-Quran, tetapi Raulallah saw tidak mempunyai ilmu kebal, padahal Rasulallah saw adalah manusia yang paling hebat bacaan Al-Qurannya dan memiliki efek yang paling kuat bacaannya. ertinya, kalau anda mempunyai ilmu kebal, kerna anda membaca zikir atau ayat tertentu, bererti anda telah menyalahgunakan Al-Quran.

Kalau memang hal tersebut baik, pasti Nabi akan mengajarkannya terutama kepada para sahabat, apalagi dahulu sering terjadi peperangan. Nabi saw sangat penyayang pada umatnya, tentu Nabi tidak ingin umatnya terluka. tapi kenyataannya Nabi saw tidak mengajarkan ilmu kebal, dan Nabi sendiri tetap terluka pada perang Uhud.

Sebenarnya, dari beberapa hal yang kita ketahui di makan2 bahwa orang-orang yang menuntut ilmu kebal, sebenarnya mencampuradukan Al-Quran dengan ritualnya yang lainnya, seperti ilmu kebal, ilmu pelet atau pemikat wanita dan lainnya. Itu semua merupakan satu kesalahan yang harus segera ditaubati dan dihilangkan dari diri anda.

Mengenai anda susah melupakan wanita yang pernah anda pikat, ini seperti terbalik. Kerna biasanya yang susah melupakan adalah orang yang terkena ilmu pikat atau pelet. Blh jadi ini kerna faktor anda benar-benar suka sama dia, sehingga anda menggunakan ilmu pemikat.jika demo sikap bgtu,bgtu lah jodoh demo

Mungkin karena dia merasa tergila-gila pada demo, akhirnya wanita itu menggunakan ilmu pemikat juga, seperti yang sekarang demo rasakan. Tapi kita tidak boleh menuduh dulu, sebab blh jadi apa yang anda alami merupakan teguran dari Allah SWT, bahwa wanita yang anda pikat dulu, akan terluka perasaannya. Kerana begitu wanita itu mengharapkan anda, tapi anda meninggalkannya begitu saja.

Sebaiknya, jika memang anda sudah mantap dengannya, maka bertawakalah kepada Allah SWT. Kemudian minta secara baik-baik kepada orang tuanya serta lakukanlah komunikasi yang baik kepada Bapa anda yang tidak setuju, selain itu juga lakukan istikharah. Demikian jawaban dari saya, semoga Allah SWT memberikan yang terbaik untuk anda.

Wassalaamu’alaikum wr. wb.

M
———————————————————–———————————————————–

Sering Sakit Kepala Sebelah, Apakah sebab Belajar Tenaga batin?

Assalamu’alaikum wr. wb.

Kepala saya sering sakit sebelah, dan ini telah berlangsung lama. Di masa SMA(u) dulu saya pernah belajar ilmu batin, dan saya juga pernah belajar ilmu pernafasan tenaga dalam. Apakah kerna hal tersebut yang membuat kepala saya sering sakit, dan apakah blh diobati melalui ruqyah? Apakah belajar tenaga dalam dibolehkan dalam agama Islam? Terima kasih.

Wassaalam,

Zul

Jawaban
Wa’alaikumsalaam wr. wb.

Saudara Zul, di kita ada beberapa kess yang menunjukan bahwa ilmu yang dipelajari orang di masa lalu itu ternyata berefek. Efeknya bermacam-macam di antaranya sakit kepala sebelah (migren) setlh b'puluh tahun. Dan setelah si penderita sakit kepala melakukan ruqyah, maka sembuhlah penyakitnya. Ternyata, sakit kepalanya itu, akibat gangguan jin atau memang kerna dia mempelajari ilmu-ilmu tenaga dalam. Oleh karena itu, jangan dok try2 mempelajari ilmu seperti itu.

Sekarang anda telah mengetahui bahwa ilmu yang anda pelajari menimbulkan efek sakit kepala pada diri anda. Jika ditanya apakah mungkin dilakukan ruqyah? Jawabannya adalah sangat mungkin. Apalagi bila anda sudah tidak menggunakan ilmu tersebut. Biasanya, setan yang sudah terlanjur suka, kerana anda sering meminta bantuan dengan menggunakan tenaga dalam. Tapi, sekarang anda lupakan begitu setan itu saja, maka setan itu akan marah dan membuat ulah sehingga anda sakit.

Ini boleh dijadikan tolak ukur, bahwa ilmu-ilmu tenaga dalam tersebut merupakan ilmu yang tidak perlu kita pelajari. Dari kes yang ana kaji,kita ridak boleh mengeneralisir, tapi orang-orang yang datang kepada kita, yang mengatakan mempunyai ilmu tenaga dalam dan sebagainya. Ternyata, semuanya atas bantuan setan. Untuk itu, lakukanlah ruqyah beberapa kali. Insyaallah sakit kepala anda akan hilang.

Demikian jawapan dari saya, mudahan-mudahan penyakit anda cepat sembuh.

Wassalaamu’alaikum wr. wb.

——————————————————————————————————————–

Adakah Makhluk Halus Dapat Membantu Menjaga Rumah atau Gudang?

Assalammu’alaikum wr. wb.
Ustaz, saya mau tanya apakah ada mahluk ghaib yang dapat membatu kita menjaga rumah atau gudang? Perlu Ustaz ketahui, gudang milik keluarga saya yang sedang dibangun sering dirompak, dalam 1 bulan sudah 4 kali kecurian.

Dan ada nasihat dari kenalan dekat yang mengatakan, agar meminta bantuan pada orang yang dapat menyimpan mahluk ghaib untuk menjaganya, dengan cara menanamkan sesuatu di setiap sudut gudang (jika ada orang yang berniat jahat mahluk ghaib tersebut akan menampakan dirinya).

Yang ingin saya tanyakan, apakah hal tersebut diperbolehkan dalam agama Islam? Kalau tidak boleh, apakah ada cara lain yang lebih baik selain itu? Demikianlah Ustadz pertanyaan dari saya, terima kasih.

Wassalammu’alaikum wr. wb.

Sostiramia

Jawapan
Wa’alaikumsalaam wr wb

Saudara Sos, dalam Islam untuk menjaga gudang atau rumah ada dua jenis yaitu penjagaan yang sifatnya manusiawi, atau yang boleh terlihat seperti adanya Guard sehingga tidak ada pencurian yang dapat dilakukan oleh manusia.

Adapun untuk menjaga gudang atau rumah dari pencurian yang dilakukan oleh manusia, yaitu dijaga dengan menggunakn makhluk halus, maka itu termasuk dalam tema kerjasama antara manusia dan jin. Kerjasama antara manusia dan jin sangat dilarang oleh Allah SWT, karena hanya akan menambah dosa dan kesesatan.

Seperti yang disebutkan dalam surat Al-Jinn ayat 6: Dan bahwasannya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan.

Jadi, untuk menjaga kehilangan yang disebabkan oleh manusia harus dilakukan usaha penjagaan oleh manusia juga. Tidak boleh dilakukan dengan menggunakan jin, kerana selain tidak diizinkan, juga akan berefek pada diri kita di kemudian hari. Seperti yang pernah terjadi pada zaman Abu Hurairah, Setan itulah yang justru mencuri harta di gudang yang digunakan untuk menyimpan harta zakat.

Jika kita menggunakan jin untuk menjaga gudang atau rumah, maka setan atau jin tersebut biasanya akan meminta sesuatu pada kita, dan itu harus dipenuhi, agar mereka mau menjaga harta kita. Dan biasanya akan mengarahkan kita pada perbuatan yang syirik.

Penjagaan yang sifatnya ghaib dalam Islam juga ada ajarannya, biasanya ajaran ini untuk menghalangi setan atau jin yang ingin mencuri. Kalau pencurinya makhluk halus, maka Guard yang menjaga tidak dapat menghalangi. Kecuali jin itu menampakan diri seperti di zaman Abu Hurairah, dan jin itu bolh ditangkap olehnya. Oleh karena itu, ada penjagaan-penjagaan yang sifatnya ghaib, untuk menangkal hal-hal seperti itu.

Kerana sifatnya ghaib, seperti yang disebutkan oleh Rasulallah saw adalah menutup pintu atau menutup apa saja dengan Basmallah. Nabi saw pernah bersabda bahwa tempat yang ditutup dengan Bismillah, maka tidak mampu dibuka oleh setan. Untuk itu, tutuplah gudang atau rumah anda dengan Bismillah, maka dapat menjaga dari usaha pencurian yang dilakukan oleh jin atau setan.

Saya sarankan juga, bahwa sesungguhnya yang dapat membersihkan harta kita adalah zakat. ertinya, hal ini blh dijadikan pelajaran, siapa tahu kita lupa untuk menzakatkan harta kita, sebab sesungguhnya ada hak orang lain pada harta kita, Jadi, lakukanlah zakat. Semoga Allah SWT melindungi keluarga anda.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

———————————————————–———————————————————–



Dapatkah Saya Melihat Makhluk Ghaib?

Assalaamu’alaikum wr wb

ustaz, bolehkan saya mengharapkan dapat melihat mahluk ghaib ciptaan Allah selain manusia? 10 tahun yang lalu, saya sering sekali diganggu hal-hal gaib saat akan tidur. Dan saya sempat berdoa pada Allah, untuk meminta dibukakan mata agar dapat melihat fisik mereka (makhluk ghaib), tetapi sepertinya Allah tidak mengabulkan, yang pasti itulah yang terbaik bagi Saya.

Bagaimana caralihat makhluk ghaib? Tapi, saya tidak mau belajar ataupun berilmu kepada orang lain yang tidak jelas jalannya, misalnya dukun atau paranormal. Saya hanya ingin mendapatkannya langsung dari Allah. Adakah ayat atau doa khusus (kalau Allah mengizinkan).          

Persiapan apa yang diperlukan? Misalnya apakah perlu solat sunat, puasa atau amalan apa. Maaf apabila keinginan saya tidak wajar, segala sesuatunya saya serahkan kembali kepada Allah berkenan atau tidaknya. terima kasih  ustaz.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Aina

Jawaban
Wa’alaikumsalaam wr. wb.

Saudari Aina, jika anda berdoa meminta kepada Allah SWT, agar blh  melihat makhluk ghaib, dan tidak dikabulkan. Memang begitulah, kerana Allah tidak mungkin mengabulkan sesuatu yang salah dalam berdoa. Padahal doa orang beriman itu pasti dikabulkan. Yang perlu diketahui adalah di dalam Al-Qur’an, dalam hadis Nabi saw dan dalam contoh kehidupan Rasulallah saw serta para sahabat, tidak ada ajaran yang mengajarkan agar manusia mampu melihat makhluk halus atau melihat barang yang ghaib.
 
Dinamakan ghaib itu, kerana sesuatu yang tidak boleh dilihat dengan mata manusia.Kehidupan manusia itu terpisah, dengan terpisahnya itu, Allah tidak memberikan amalan apapun yang boleh membuat kita melihat makhluk gahib. Ilmu-ilmu yang digunakan untuk melihat yang ghaib adalah ilmu yang bukan berasal dari kedhoan Allah dan Rasulnya.Kerana itu bukan yang diajar oleh Rosul.Ilmu ghaib biasanya diberi oleh Allah kepada para malaikat dan Wali2 Allah yang solihin.Tetapi ilmu itu dipandang curi oleh musuh nyata yaitu Setan ketika mereka naik ke langit.Setengah daripada setan itu dipanah oleh senjata para malaikt kerana cuba naik ke langit untuk mencuri ilmu tersebut.Ada pendapat yang mengatakan begitu,tetapi jangan mudah percaya kerana dalil2nya tidak jelas.

Ilmu tersebut mungkin berasal dari bomoh dan juga berasal dari setan, walaupun dalam persaratan ilmu tersebut adalah dengan melakukan solat, puasa, zakat dan sebagainya. Namun, ibadah-ibadah itu bukan dilakukan kerana Allah, tapi kerana ingin mengabdi kepada setan,untuk membantu manusia agar mampu melihat makhluk ghaib.

Para sahabat tidak ada yang bersusah payah menuntut ilmu,untuk melihat makhluk ghaib. Kalau hal ini merupakan kebaikan, pasti para sahabat sibuk untuk mencari ilmu tersebut. Tapi, kerana ini bukan suatu kebaikan, maka para sahabat tidak ada yang mencari ilmu tersebut.Orang-orang yang dapat melihat makhluk ghaib dengan cara belajar, pasti pembelajarannya bertentangan dengan syariat Islam.

Jadi yang terpenting untuk anda, sebaiknya menuntut ilmu Islam yang benar. Kerana itu merupakan benteng yang kuat, agar anda tidak lagi diganggu oleh setan. “Betul tidak ada manfaatnya, kita mempunyai kemampuan melihat setan. Yang ada hanyalah ketakutan, bahkan menyebabkan sifat sombong, atau anda kemungkinan menjadi orang sesat ”Nauzubillah.

Yang terpenting sekarang adalah bagaiman menuntut ilmu Islam yang benar, lakukanlah solat dengan benar dan berdoalah kepada Allah, minta apa saja yang baik-baik dan bermanfaat untuk masa depan Islam. Jadi itulah yang harus kita lakukan, dan jauhkanlah segala niat yang tidak baik seperti itu.

Demikianlah jawapan dari saya, semoga Allah SWT melindungi anda dari hal-hal yang ghaib.

Wassalaamu’alaikum wr. wb.


———————————————————


Setelah Diruqyah boleh Melihat Makhluk Ghaib dan Sering Mimpi Buruk

Assalamualaikum wr. wb.

Ustadz, teman saya mempunyai masalah. Pada tahun 2001, teman saya tersebut disengat oleh serangga tanah di hutan dan telah berubat di Hospital bahkan dengan cara alternatif. Ada yang mengusulkan untuk diruqyah saja, kerana secara perubatan tidak ada masalah, tetapi sepertinya dia diganggu oleh jin.

Namun, setelah diruqyah lebih dari 10 kali hasilnya malah menjadi sensitif terhadap makhluk gaib, misalnya dia katanya mampu melihat makhluk gaib lain, sering dirasuk dan sering mimpi dikejar binatang buas. Sering lupa bacaan solat, tidak mau mendengar ayat-ayat Al-Quran, tidak kuat bertemu dengan ustadz dan takut ke masjid. Menurut ustadz yang meruqyah, jin yang ada di dalam diri teman saya tersebut belum semuanya dapat dikeluarkan, terutama jin kafir.

Teman saya tersebut menikah pada tahun 2001 setelah kejadian disengat serangga dan sampai sekarang belum dianugerahi anak. Padahal secara perubatan sistem reproduksinya tidak bermasalah.

Yang ingin saya tanyakan, apakah seseorang yang sudah diruqyah mampu melihat makhluk gaib.? sekurang-kurangnya berapa kali diruqyah agar penyakitnya dapat sembuh? Apa yang harus saya lakukan untuk pemulihan teman saya tersebut? Seandainya tidak pulih, apakah teman saya akan semakin menjauhi ajaran agama Islam? Adakah teman saya tidak mampu mempunyai keturunan? Atas jawapannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalaam,

Nofr

Jawapan
Wa’alaikumsalaam

Saudari Nofr, setelah teman anda berada di hutan, entah disengat serangga atau kerana keberadaannya pada masa itu di hutan, di mana hutan merupakan tempat yang disukai oleh jin, kerana hutan adalah lahan yang kosong. Namun, dari semua gejala yang anda sebutkan, menunjukkan bahwa teman anda memang mengalami gangguan jin. Oleh kerana itu, harus terus dilakukan ruqyah sebagi satu-satunya penyelesain.

Saya jadi bertanya-tanya, bagaiman mungkin orang yang diruqyah mampu melihat makhluk ghaib/jin. Kerana sesungguhnya orang yang memiliki kemampuan dapat melihat jin setelah diruqyah adalah merupakan kemampuan yang salah, sedangkan ruqyah berfungsi untuk menghilangkan kemampuan-kemampuan yang salah tersebut. Jadi tidak mungkin ruqyah semakin membuat orang dapat melihat makhluk ghaib. Sayangnya anda tidak menjelaskan ruqyah macam apa yang dilakukan oleh teman anda. Jangan-jangan hanya mengatasnamakan ruqyah, tetapi ruqyahnya tidak benar, atau memang belum selesai ruqyahnya.

Apa yang dikatakan si peruqyah, yang mengatakan bahwa ada jin kafir yang belum keluar dari tubuh teman anda? Kalau hal itu diketahui melalui penglihatan si peruqyah, hal tersebut mustahil. Sebab peruqyah tidak mungkin dapat melihat makhluk ghaib, kalau ada peruqyah mampu melihat makhluk ghaib, maka dia bukan peruqyah yang benar.maksudnya dia sendiri bermasalah. Tapi kalau berdasarkan pengakuan jin saat diruqyah, yang mengatakan bahwa ada jin kafir yang belum keluar, hal itu mungkin saja. Namun semua itu tidak terlalu penting, yang terpenting adalah seluruh jin harus keluar.

Berapa kali harus diruqyah? Yang harus dilakukan adalah melakukan ujian, apakah ruqyah yang teman anda lakukan sudah sesuai dengan syariat Islam, bacaan yang dibaca tidak ada campuran yang salah, tidak mengandung unsur-unsur syirik yang aneh dan yang tidak diajarkan oleh Nabi saw. Maka, lakukanlah ruqyah syar’iiyah..

Sekarang ini,banyak sekali pelanggaran-pelanggaran pada ruqyah atau memang ada orang yang sengaja mengotori ruqyah yaitu orang-orang yang sebenarnya tidak mengetahui bagaimana ruqyah syar’iiyah yang benar, tapi pura-pura mengetahuinya. Berapa kali diruqyah? Ada kes yang sekali diruqyah segera sembuh dengan izin Allah SWT.

Begitu juga dengan yang Nabi saw lakukan ketika meruqyah seorang sahabat, sekali tepuk sembuh. Bahkan ada anak yang gila, begitu ditepuk Nabi, segera sembuh. Tapi itu Nabi yang melakukannya. Jadi batas berapa kali di ruqyah, tidak ada batasnya, seperti pengubatan hospital. Semuanya memerlukan kesabaran, jangan berpindah pada pengubatan yang salah, yang kesannya menawarkan sesuatu yang lebih cepat dan praktis, namun sesungguhnya kita telah menggadaikan iman.

Apa yang dialami teman anda, mungkin juga menjadi salah satu penyebab dari belum hadirnya keturunan. Hal itu sangat mungkin, sebab ada orang-orang yang mengalami gangguan jin pada alat reproduksinya. Untuk itu segeralah lakukan ruqyah syar’iiyah, mudah-mudahan Allah SWT mempermudah mendapatkan keturunan. Jangan berputus asa, apalagi doktor mengatakan tidak ada masalah pada reproduksinya.Jika ingin mengetahui lebih jelas tentang Jin emelkan kepada "cahayaraja91@gmail.com".Ada masanya kita tidak perlu dedahkan
secara Awam tentang Alam Jin.Lainlah jika anda telah mempelajari ilmu tauhid.Kerana tidak semua muslim mempercayai alam ghaib.Contoh yang selain Alam ini ialah wujudnya surga,neraka,titian sirot,padang mahsar,alam malaikat,qorim,alam kubur, dan banyak lagi.Nauzubillah min sifatil jahiliyyati an arkani iman.
Demikian jawapan dari saya, semoga teman anda cepat mendapatkan keturunan.

Wassalaamu’alaikum wr. wb.

———————————————————–

Diruqyah 4 Kali Jin Belum Keluar Juga

Assalaamu’alaikum Wr.Wb.

Ustaz yang kami hormati, saya sebelum mengenal ruqyah tidak merasa ada keluhan apa-apa, namun kerana ingin memastiakan samadaa terdapat jin dalam tubuh saya, akhirnya saya ikut acara ruqyah,akibatnya ada reaksi di sekitar leher. Sampai-sampai ustaz peruqyahnya boleh wawancara dengan jin tersebut. Saya setengah sedar mengucapkan dua kalimat syahadat waktu itu, namun jin itu degil tidak mahu keluar.

Sekali lagi saya pergi jumpa doktor peruqyah,kemudian saya dirawat dan jin tersebut belum keluar juga. Saya cari Ustad lain untuk meruqyah namun tidak berhasil juga.Hingga sekarang saya terasa sakit jika berdzikir, solat, ataupun baca Al-Qur’an.

Yang ingin saya tanyakan:

1. Mengapa sebelum diruqyah ibadah saya lancar-lancar saja tetapi sekarang setelah diruqyah sering sakit?

2. Apa yang harus saya lakukan dengan keadaan saya sekarang? Adakah boleh jika saya meruqyah diri sendiri? Kalau boleh bagaimana caranya?

3. Apakah jin yang ada di dalam tubuh membahayakan aqidah kita?

4. Apakah jin tersebut merasuk dengan tiba-tiba keadaan seseorang hamba Allah SWT? Dan apakah ia menghalang untuk mendapat redhoanNya?

5. Bagaimana apabila ajal tiba sedangkan jin tersebut belum keluar, apakah ia menghalang manusia masuk ke dalam syurga?

6. Di bulan Ramadhan yang lalu ketika solat malam saya juga bereaksi, mengapa begitu, padahal ada hadist yang mengatakan bahwa syaitan dibelenggu di bulan Ramadhan?

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Shahmirul

Jawapan
Wa’alaikumsalaam wr. wb.

Saudara Shah, ada hal yang harus diluruskan bahwa ruqyah itu tidak mengundang jin, tetapi ruqyah itu adalah doa-doa,zikir-zikir(not juruz tarekat) untuk menghilangkan jin. Maka, walaupun dimasa nanti anda bereaksi/sakit dalaman, padahal anda merasa tidak memiliki gangguan jin. Mungkin sebelum ini anda tidak merasa, bahawa anda diganggu.Kerana apabila anda sudah tahu untuk ruqyah,anda boleh merasakan kehadiran makhluk Allah.Itu atas kehendak Allah SWT.

Sayangnya, anda tidak menceritakan secara jelas, apakah anda mempunyai gangguan rasa sakit di sekitar leher, atau anda mempunyai masalah secara psikologis. Seperti cepat marah, berat menjalankan ibadah, sering menunda untuk berbuat baik.Hal tersebut merupakan tanda anda mengalami gangguan, tapi anda tidak mengetahuinya. Dan begitu diruqyah, anda baru mengetahui bahwa anda mempunyai gangguan jin.

Setelah berulangkali anda melakukan ruqyah, tapi tidak juga selesai. Tidak semestinya semua masalah boleh selesai dalam waktu yang cepat.Unzuru Sahabat pun dengan kesungguhannya, ketika mereka meruqyah ada yang perlu waktu sampai 3 hari. Maka dari itu,tingkatkan kesabaran, bukan sahaja menuntut supaya  sembuh, tetapi itu merupakan satu usaha syar’i yang akan dicatat oleh Allah SWT sebagai pahala, kerana kita bersungguh-sungguh menjauhi perkara syirik.

Jadi jangan putus asa,teruskan ruqyah diri kamu, kerna memang tidak ada penyelesaian yang lain dalam Islam, selain ruqyah. Anda mampu tuk melakukan ruqyah sendiri, caranya dengan mendengarkan kaset ruqyah atau anda membaca sendiri bacaan ruqyahnya. Kemudian peganglah bahgian yang bereaksi dan sakit, anda memukulnya dan menekannya, setelah itu jin tersebut terpaksa keluar kerana kepanasan. Anda harus melindungi diri dengan berlindung kepada Allah SWT, beribadah yang rajin. Bacalah Basmallah bila ingin mengerjakan apa saja.

Sete selalu berusaha membuat manusia keluar dari jalan kebenaran, sebagaimana sumpah iblis dalam Al-quran, akan menggelincirkan manusia dari jalan yang lurus. Tapi, apabila anda kuat iman dan ibadahnya. Maka keberadaan sete dalam tubuh tidak akan mempengaruhi keimanan seseorang.

 Ketika seseorang meninggal sedangkan sudah ditakdirkan jin itu tidak keluar,ia tidak akan mempengaruhi orang tersebut disisi Allah SWT, bahkan mungkin menambahkan pahalanya asbab diuji demikian,kerana selama ini dia tersiksa oleh jin tersebut. Dalam Islam seperti kita ketahui,bukan setakat gangguan jin yang berat je, duri yang menusuk kaki orang beriman pun dianggap sebagai pahala penghapus dosa.Itulah ujian.Jika tidak tahu mengenai hal-hal kehidupan jin,janganlah menfitnah makhluk Allah.Allah mencipta kita sebaik-baik makhluk.Siapa kamu untuk mnentukan hal2 makhluk Allah.Sebahagian manusia diuji dengan Jin.Jadi jangan kita salah sangka urusan yang kita tidak tahu.Itu semua urusan pencipta yang maha mengetahui.Jika mahu informasi lebih jelas mengenai Alam jin post emel kat ana "cahayaraja91@mail.com".Jauhilah dari sikap menghina bersangka buruk pada si mati @ yang hidup kerna dia MANUSia Bukan Malaikat.Jika kamu benci,simpanlah dalam hati.Jika kamu lihat kemungkarangnya,tegurlah dia.

Apakah jin di tubuh mampu menghalangi seseorang untuk masuk syurga? Selama dia tidak mengikuti perintah bisikan-bisikan jin yang sesat, maka tidak akan menjadi masalah dan tidak akan menghalagi seseorang masuk syurga. kerana masuk syurga atau tidak adalah bergantung pada usaha kita yang IKHLAS baik serta yang mendapat rahmat dari Allah SWT.

Di bulan Ramadhan setan dibelenggu? Dalam hadis lain, ternyata yang diikat hanya setan-setan yang melakukan kemungkaran yang luar biasa. Jadi tidak semua setan, sehingga wajar jika masih ada setan yang mengganggu manusia di bulan Ramadhan. Keberadaan jin dalam tubuh dapat mengganggu. ertinya mengapa anda berekasi di bulan Ramadhan. Jangan pernah berputus asa, karena dalam ruqyah tidak ada istilah berputus asa. Lakukanlah ruqyah, semoga Allah selalu melindungi kita.***

wa'alaikumussalam

——————————————————-——————————————————

Ibadah tidak Khusyuk dan susah mencari Jodoh setelah Diberi Penangkal

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Ustaz, saya seorang gadis umur 27 tahun, agak gelisah dengan kehidupan saya. Waktu umur 15 tahun, saya melancong sekitar Asia, tapi orang tua saya selalu khawatir, dan tidak ikhlas saya pergi melancong.

Pada suatu hari, saya pulang kampung, lalu saya di hadiahkan barang berupa penangkal, agar saya tidak dikhianati orang. Bermula dari situ, dan sampai sekarang penangkal itu belum juga hilang, walaupun sudah dibuang.

Anehnya lagi, penangkal itu juga menyulitkan saya untuk cari jodoh, kalau saya dekat dengan seseorang ataupun sudah ada pendekatan, selalu gagal. Padahal dulu sebelum dibagi penangkal, saya sering sekali bercouple.

Namun, kerana waktu itu umur saya masih kecil, jadi hanya cinta monyet. Kalapun diajak serius, saya belum mau dengan alasan masih kecil, kenapa sekarang waktu saya sudah menginginkan pendamping hidup, menjadi agak susah cari jodoh.

Apakah ini terjadi, disebabkan saya terkena balasan. Sebab dahulu saya bercouple cuma main-main tidak serius. Selain itu, saya selalu tidak tenang dan tidak khusyuk bila solat, apalagi bila saya membaca ayat suci Al-Quran, seperti ada yang ganggu dan sebentar saja baca Al-Quran sebab tengkak saya tiba2 kering dan susah untuk bacanya.

Yang ingin saya tanyakan pada Ustaz, apakah semua ini disebabkan oleh penangkal itu? Yang membuat saya susah cari jodoh dan atau ada yang mengganggu di dalam tubuh saya? Misalnya ada makluk tidak baik yang bersemayam di dalam tubuh saya?

Wassalaamu’alaikum,

Elsa

Jawapan
Wa’alaikumsalaam wr. wb.

Saudari E, usia anda baru 27 tahun. Jadi kesempatan untuk mendapatkan jodoh masih sangat panjang. Kegelisahan yang kerap kali menghampiri diri anda adalah fitrah manusia yakni terlalu manusiawi, bersandarlah kepada Allah SWT, pasti akan memberikan yang terbaik, jika hambanya berusaha dengan baik.

Ada beberapa saya yang ingin saya berikan, dan mudah-mudahan dapat membuka jalan untuk anda mendapatkan jodoh:

1. Berlandaskan pada hadis Nabi SAW ketika seorang sahabat pergi meninggalkan kedua orangtuanya dengan niat untuk berjihad. Ini merupakan niat yang jauh lebih mulia dari sekadar bekerja. Kemudian ia berkata kepada Rasulallah SAW, “Ya Rasulallah, saya berjihad dengan mu.” Kemudian Nabi bertanya, “Apakah kedua orang tuamu masih hidup?” Orang tersebut mengatakan bahwa kedua orang tuanya masih hidup. Maka Nabi mengatakan, untuk keduanyalah kamu harus berjihad,yakni uruslah keduanya, kerana ini menjadi jihad bagi kamu.

Dalam riwayat lain disebutkan, Sahabat itu meninggalkan kedua ibubapanya dalam keadaan menangis,sebab tidak redha ditinggal. Kemudian Nabi SAW bersabda, sebagaimana kamu membuat kedua orangtuamu menangis, maka sekarang buatlah mereka tertawa. Ini merupakan kunci utama, jadi anda harus pulang, dan minta keredhaan dari orangtua anda, apakah anda boleh melanjutkan hidup dalam merantau-rantau ke pelusuk dunia atau anda harus pulang.

Kalau orangtua anda sudah redho, maka mintalah doa restu kepada keduanya. Kerna doa ibubapa untuk anak sangat mustajab. Kalau ternyata orang tua anda tidak mengizinkan anda merantau, maka anda harus menerimanya. Bila orangtua anda sudah ikhlas mendoakan, mudah-mudahan anda juga didoakan agar segera mendapatkan jodoh.

2. Buanglah penangkal yang anda pakai, kerna penangkal atau penjaga itu biasanya yang bekerja adalah jin dan ini termasuk syirik. Berdasarkan pengalaman, biasanya jin bila menjaga orang, maka sekaligus jin itu berbuat ulah/khianat. Terkadang, kerna yang dijaga adalah lawan jenisnya, boleh jadi jin tersebut menyukainya, sehingga ia mungkin saja menghalangi jodoh anda.

3. Oleh karena itu, sebaiknya anda mendekatkan diri pada Allah SWT. Bacalah al-Quran dengan baik dan benar, jangan lagi memainkan perasaan lelaki. Kerna di Asia banyak orang-orang yang pendek fikirannya, ketika perasaannya disakiti, maka ia akan berbuat yang macam-macam dengan sihir. Dan biasanya orang yang sakit hati akan menghalangi sekalian jodoh orang yang menyakitinya, sehingga ia tidak mendapatkan pasangan. Tapi anda tidak perlu khawatir, berlindunglah kepada AllahSWT.

Mengenai mengalami gendala ketika membaca al-Quran, apabila merasa gangguan ini tidak wajar, itu sangat manusiawi, kerna anda mempunyai penangkal yang berupa jin. Boleh jadi jin tersebut merasa terganggu mendengar anda membaca al-Quran. Untuk itu, hilangkanlah penyebabnya. Insyaallah masalah itu akan pergi bersama hilangnya penyebabnya masalah itu. Wallahualam.***

————————————————————————————————————

Do’a Penangkal Sihir di Tempat yang Baru

Assalamu Alaikum wr. wb.

Ustaz, saya adalah pekerja salah satu perusahaan. Saya sering ditugaskan ke luar kota sampai ke desa-desa terpencil yang biasanya banyak ilmu hitam dan sihirnya. Pertanyaan saya, doa apa yang saya harus amalkan agar terhindar dari ilmu-ilmu hitam tersebut? Terima kasih atas bantuannya.

Wassalam

Angkasawan Said

Jawapan
Wa’alaikumsalaam wr. wb.

Saudara Iwan, ketika kita berada ditempat yang baru, baik di perkampungan, desa, kota atau hutan. Nabi saw mengajarkan doa agar kita tidak diganggu oleh kejahatan makhluk lain,bukan saja manusia, tapi juga jin atau makhluk Allah yang lain, yang mungkin menimbulkan bahaya bagi diri kita. Doanya sering kita dengar, dan doanya pendek saja, tapi memiliki perlindungan yang luar biasa, kerna Nabi yang mengajarkan.Doa dibawah ibu kunci segala doa-doa perlingdungan yang lain.

Dalam sebuah hadisnya Nabi saw bersabda, “Barang siapa yang singgah disatu tempat, sebaiknya membaca doa penjagaan yang di baca siang hari.” Doa tersebut adalah “A’udzu bi kalimatillahi taammati min syarri maa khalaq” bermaksud “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari kejahatan makhluk ciptaan-Nya.” Keutamaan dari doa tersebut, siapa yang membaca doa itu, maka tidak akan ada makhluk yang mengganggu, sampai ia meninggalkan tempat tersebut. Jaminan yang luar biasa, jadi tidak usah takut terhadap ilmu hitam atau apapun, kerna siapapun yang dilindungi oleh Allah SWT, tidak akan mampu ditembus dengan ilmu apapun.

Anda juga boleh menambahkan bacaan dengan doa-doa yang lainnya, seperti doa menjelang tidur dan lain-lain. Mudah-mudahan anda mampu mengamalkan doa-doa tersebut, sehingga anda tidak merasa khawatir lagi bila anda singgah di tempat yang baru. Wallahualam.

Wassalamu’alaikum wr. wb.
——————————————————

Pulang dari Aceh Sering Mendengar Suara-Suara Aneh

Assalamu’alaikum wr. w
Ustaz, saya pernah menjadi suka relawan selama 6 bulan selepas tsunami di Aceh yang setiap hari kerja saya mencari dan mengumpulkan jenazah. Sejak saya pulang dari Aceh, saya selalu mendengar suara orang yang selalu menggoda, kadang orang dewasa dan anak-anak. Awalnya saya pikir itu hanya halusinasi saya, tapi lama kelamaan hal itu makin parah, bahkan saya mendengar suara saya sendiri, terkadang menjerit-jerit.

Hal itu tentu sangat mengganggu saya, kerana saya tidak boleh tidur nyenyak, dada terasa berat dan tidak bisa berpikir jernih sampai saat ini. Badan saya hampir tiap hari kedutan mulai dari kaki sampai ke dada, tapi herannya tetangga saya juga sering menegur saya, kerana hampir setiap malam mereka mendengar suara orang berbicara termasuk suara saya, terkadang saya dikatakan teriak-teriak seperti orang yang dianiaya.

Padahal sedikitpun saya tidak berucap kata2, salah seoarang a'ilah saya mengatakan kalau saya diikuti dan diganggu makluk halus sejak saya pulang dari Aceh. Apakah ruqyah boleh membantu saya agar sihat seperti sedia kala? Saya mohon petunjuk dari ustaz, terima kasih.

Wassalaamu’alaikum,

Adi

Jawaban
Wa’alaikumsalaam wr. wb.

Saudar Adi, sebenarnya apa yang anda alami hari ini tidak ada hubungannya, antara anda menjadi relawan dengan niat yang baik untuk membantu mengumpulkan mayat saudar-saudara kita di sana dan mengurusnya dengan baik. Walaupun kemudian ada jin yang memanfaatkan keberadaan anda di Aceh, ini mungkin saja.

Seperti yang anda sampaikan, kalau bukan merupakan gangguan psikologis ketika anda terbayang-bayang situasi yang mengerikan di Aceh. Apalagi tetangga anda juga mendengar anda berteriak-teriak, sementara anda tidak merasa berteriak. Bererti ini adalah khianat dari jin atau setan yang bertujuan untuk membuat hubungan anda dan tetangga anda menjadi kucau-bilau.Mungkin kamu semua kurang mengamalkan bacaan al-quran semasa dirumah.

Kaedah dalam Islam yaitu lakukanlah ruqyah syar’iyyah. Jika setelah diruqyah anda sembuh atas izin allah SWT tapi tetangga anda masih mendapat gangguan, maka ruqyahlah rumah anda. InsyaAllah anda akan mendapat pertolongan dari Allah SWT.Dapatkan ayat dzikir melalui emel saya.Semoga anda dan keluarga tidak diganggu lagi. Bersabarlah, kerana akan ada pahala dari setiap musibah yang menimpa. Wallaahua’lam.

——————————————————-——————————————————

Hawa/Haba Hangat yang Cubo Merasuk ke Tubuh

Assalamu’alaikum wr. wb.

Saya mau tanya mengenai kejadian yang pernah menimpa saya beberapa bulan yang lalu. Waktu itu menjelang tengah malam, persiapan istirahat.Kedudukan tidur saya iring ke kanan. Tiba-tiba, saya merasa ada hawa hangat yang mendekati (seperti awan putih) dan tepat berhenti di depan kepala saya. Saya diam, langsung ingat Allah, dan terus berdzikir.

Awan putih itu menutupi seluruh tubuh saya dengan hawa hangatnya dan berusaha masuk melalui telinga kiri saya, dengan sekuat tenaga saya berusaha supaya tidak ada celah sedikitpun untuk peluang awan putih itu masuk. Saya ketakutan tapi tetap diam, kerana saya tidak mau mengganggu istirahat orang tua saya.

Saya terus berdzikir dan baca ayat kursi, sampai awan putih itu gagal masuk kedalam telinga saya. Usaha awan putih itu untuk masuk berulang-ulang sampai tiga kali, dan tiga kali juga gagal. Saya pikir Allah ada bersama saya, saya tidak perlu takut, kalau memang ini suatu kejahatan, dia pasti pergi.

Yang ingin saya tanyakan, apakah hawa hangat berbentuk awan putih itu? Apakah itu jin? Apakah tujuannya? Mohon penjelasan. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum,

Diena

Jawapan
Wa’alaikumsalaam wr wb

Saudari Diena, apa yang anda alami menjelang istirahat atau belum tidur merupakan suatu hal yang tidak wajar, kerana mana mungkin awan mampu masuk melalui telinga kita. Kalau ini bukan merupakan semacam halusinasi dari anda atau semacam khayalan yang sampai pada tingkat halusinasi, maka ini merupkan sesuatu yang bersifat ghoib. Apakah jin atau bukan jin, Ana tidak dapat memastikan. Tapi dari pengalaman, hal-hal seperti itu biasanya jin.

Namun, untuk menjawab apakah tujuannya, jika memang itu jin, sebenarnya yang paling penting adalah apakah yang anda rasakan setelah peristiwa tersebut? Meskipun anda tidak menceritakan senyatanya dari kejadian itu, saya berharap tidak ada hal-hal negatif yang anda rasakan. Apalagi anda sempat berdzikir pada saat itu, sehingga berulangkali awan putih itu ingin masuk melalui telinga anda selalu gagal, kerana dari beberapa kes yang kami jumpai, ada orang-orang yang boleh merasakan adanya sihir yang akan masuk ke dalam tubuh.

Kalau memang benar yang akan masuk ke tubuh anda adalah sihir dan ternyata gagal, sungguh Maha benar Allah dan RasulNya mengatakan, perlindungan yang benar dalam syariat Islam adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan berdoa dan berdzikir. Kalau setelah anda mengalami peristiwa tersebut, anda tidak mengalami keluhan, maka tidak perlu dirisaukan. Tapi kalau anda mengalami keluhan, maka perlu dilakukan penanganan yang Islami, agar kita tahu mungkin ini merupakan sebab kejadian yang menimpa anda.Jika perlu informasi secara detail jumpa Doktor Haruddin @ saya atau post emel kepada "cahayaraja91@gmail.com.Saya nasihatkan, teruslah mendekatkan diri kepada Allah SWT, agar anda terlindungi.

Wallahualam.

——————————————————-——————————————————

Apakah Jin atau Syaitan Dapat Mengganggu Kandungan?

Assalamu’alaikum wr. wb.

Ya Ustaz, ada beberapa pertanyaan yang pelik bagi saya:

1. Apakah jin atau setan dapat mengganggu janin/kandungan? Ada kes, isteri kawan saya sedang hamil tua, entah kenapa tiba-tiba kandungannya mengilang dan perutnya tidak dalam keadaan membesar.

2. Usia pernikahan kami sudah menginjak 5 tahun dan hingga saat
ini kami belum dianugerahkan anak. Apakah jin dapat mengganggu proses pembuahan dalam kandungan. Isteri saya ketika di waktu malam dan ketika akan mengerjakan solat selalu terasa sakit di sekitar kepalanya.Yansurunal ya ustaz

Jazzakallah.

Wassalamu’alaikum,

Zainal

Jawapan
Wa’alaikumsalaam wr. wb.

Saudara Zainal, sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa iblis bersumpah untuk menyesatkan anak cucu Adam, maka sangat mungkin iblis dan setan menggoda manusia dan membuat manusia sengsara bila-bila masa dan di mana saja. Khusus untuk masalah janin yang berada di dalam kandungan, memang banyak informasi dari masyarakat tentang kandungan yang hilang.

Peristiwa ini dapat kita tarik dari doa yang diajarkan Rasulallah saw, yaitu doa apabila seseorang ingin bercampur dengan pasangannya: Allahumma jannibmasy-syaithan wa jannibisy-syaithan maarazaqtanaa. Ertinya, “Ya Allah, jauhkanlah kami dari syaithan dan jauhkanlah syaitan agar tidak mengganggu apa yang Engkau rezekikan kepada kami. ”

Permohonan orang yang mau berhubungan dengan pasangannya, adalah meminta agar dilindungi dari syaitan. Yakni, sangat spesifik doanya, dia meminta perlindungan dari syaitan untuk sepasang suami isteri itu, yang akan Allah rizkikan berupa keturunan. Ketika doa ini dianjurkan, maka akan melindungi pasangan muslim ketika melakukan ibadah tersebut.

Jadi sangat mungkin syaitan tersebut mengganggu manusia sejak melakukan hubungan suami isteri.

Apakah syaitan dapat mengganggu janin? Dalam surat 17 ayat 64, “Dan hasunglah siapa yang kami kehendaki di antara mereka dengan ajakanmu, dan kerahkanlah terhadap mereka pasukan berkuda dan pasukanmu yang berjalan kaki dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan anak-anak dan berjanjilah mereka. Dan tidak ada yang dijanjikan oleh syaitan kepada mereka melainkan tipuan belaka.”

Oleh karena itu, tirulah apa yang dilakukan oleh keluarga Imran ketika hamil Maryam, ia bernazar kepada Allah, agar kelak anaknya lahir boleh menjadi pelayan masjid Allah SWT. Maksudnya, orang tua harus rajin beribadah dan berdoa, untuk mengharapkan kebaikan janinnya.

Saya mendoakan, semoga Allah SWT memberikan keturunan. Berdoa dan memohonlah kepada Nya, kalaupun anda belum diberikan keturunan, InsyaAllah dalam waktu dekat akan diberikan keturunan.

Sakit kepala pada waktu tertentu, merupakan indikasi gangguan jin. Untuk itu, lakukanlah ruqyah, kerana kita juga menjumpai dari beberapa kes orang-orang yang terhalang dari kehamilan, disebabkan gangguan jin. Bahkan ada kista rahim yang penyebabnya adalah gangguan jin, dan setelah diruqyah, alhamdulillah hilang dan mampu hamil mendapatkan keturunan.Sebarang doa bisa diminta melalui emel "cahayaraja91@gmail.com".

Kalau anda telah melakukan terapi ruqyah, lakukanlah juga pemeriksaan penyakit, mungkin ada petunjuk dari pemeriksaan tersebut.

Mudah-mudahan anda dan isteri sehat, jangan lupa berdoa dan bacalah serta resapilah surat Maryam dari ayat 1 dan seterusnya. Perbanyaklah solat malam, semoga Allah SWT memberikan keturunan kepada anda. Wallahualam.

Wassalaamu’alaikum wr. wb.

——————————————————-

Setelah Menikah Suami Tidak Tertarik pada Saya

Assalaamu’alaikum wr. wb.

Ustaz, saya sudah menikah selama 6 bulan, selama itu praktis kami tidak melakukan hubungan suami istri, suami saya merasa heran karena setelah nikah dia tidak tertarik sama sekali kepada saya, padahal sebelum nikah dia sangat tertarik layaknya lelaki kebanyakan kepada wanita.

Suami saya mengaku, sebelum menikah keadaan dirinya sama seperti lelaki kebanyakan yang mengalami mimpi basah atau tetarik kepada lawan jenis, tetapi rasa ketertarikan itu padam seketika di malam pertama kami. Kami telah pernah melakukan ruqyah, tapi tidak menunjukan adanya gangguan jin, walau dia merasa sedikit berdebar-debar.

Yang ingin saya tanyakan, apakah suami saya perlu diruqyah lagi? Kalau pernah diruqyah dan tidak menunjukan gejala diganggu jin, apakah itu penyakit medis, karena kejadiannya pas setelah pernikahan kami. Atas jawapannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Tia

Jawapan
Wa’alaikumsalaam wr. wb.

Ibu Tia, anda harus memupuk terus kesabaran untuk mengobati suami, karena biar bagaimanapun sekarang anda hidup bersama dia. Ketika seorang laki-laki menjadi suami, Nabi saw mengatakan suami mu adalah sorgamu, yang dapat diwujudkan lewat ketaatan seorang isteri kepada suami.

Ada sebuah kisah, pada suatu masa ada seorang laki-laki yang takut menikah karena dia tidak tertarik dengan lawan jenis. Dan ketika itu ada seorang wanita yang berkata, “Biar aku yang menjadi istrinya.” Setelah menikah dengan wanita tersebut, ternyata laki-laki itu memperoleh anak banyak, maka kemudian disebutkan bahwa wanita itulah yang sangat berjasa mengembalikan kondisi suaminya menjadi laki-laki yang normal.

Apa yang anda ceritakan tentang suami anda yang sebelum menikah sempat mimpi basah dan tertarik dengan lawan jenis. Sesungguhnya, ada titik bahwa sesungguhnya suami anda normal. Tapi, saya sarankan kepada anda untuk menanyakan hal ini kepada dokter, apakah ini penyakit medis atau bukan. Namun, tidak ada salahnya jika anda mencoba juga terapi ruqyah. Di dunia ruqyah memang ada salah satu sihir tafrik yaitu sihir perceraian, yang memisahkan suami dan istri, sihir inilah yang selalu mengganggu hubungan suami istri.

Ciri dari sihir tafrik adalah seorang suami bisa tiba-tiba benci dengan isteri yang ia cintai. Seperti halnya suami anda yang tadinya begitu mencintai dan tertarik pada anda, tiba-tiba itu semua menjadi hilang pada malam pertama. Ini baru indikasi tentu tidak bleh dipastikan. Ketika suami anda melakukan ruqyah dan hanya merasakan berdebar-debar, itulah salah satu reaksi ruqyah yang menunjukan bahwa suami anda mungkin mengalami gangguan. Oleh karena itu sebaiknya suami anda diruqyah lagi atau diberitahukan pada si pengruqyah bahwa suami anda mengalami berdebar-debar, siapa tahu kasusnya adalah kasus sihir yang menyebabkan suami tidak tertarik pada istrinya.

Jadi saran saya beritahukan suami anda dengan cara yang baik, sebab bisa jadi ini menjadi sesuatu yang sensitif, jangan sampai rumahtangga anda retak karena iblis sangat suka melihat rumahtangga muslim retak. Sesungguhnya Nabi saw juga menggunakan ruqyah untuk hal-hal yang sifatnya sangat medis. Oleh karena itu para Ulama mensejajarkan pengobatan dengan medis dengan ruqyah, ketika orang sakit, maka orang bisa mencoba keduanya. Untuk itu berusahalah terus dan berdoa, mintalah kesembuhan pada Allah yang maha pemberi kesembuhan, semoga Allah melindungi keluarga anda.

Wassalaamu’alaikum wr. wb

——————————————————

Dapatkah Manusia pergi Secara Rohaniah ke Suluruh Penjuru Dunia?

Assalaamu’alaikum wr. wb.

Saya punya abang yang ikut pengajian,di pengajian mereka di didik dan dibimbing hingga mampu sampai tahap dapat pergi secara rohaniah baik ke berbagai penjuru dunia, bahkan dia mengatakan telah sholat di Baitul Makmur di langit ke 7. Hal ini sangat mengganggu keimanan saya. Apakah Rasulullah pernah mengajarkan hal-hal seperti itu ke pada para sahabat? Walaupun memang di beberapa kondisi dia benar, yaitu ketika abang saya disuruh memantau keadaan mertuanya yang berada di Banyuwangi, semuanya benar, tetapi apakah hal ini ada dalam Islam?

Wassalaam,

Ahmad

Jawaban
Wa’alaikumsalaam

Saudara Ahmad, anda harus memberikan nasihat dan masukan melalui diskusi yang baik kepada kakak anda. Karena orang-orang yang seperti kakak anda ini, dia sedang tenggelam dalam satu lingkungan yang menyihir dirinya, artinya ia seperti orang yang tidak sadarkan diri, maka anda harus menjelaskan dengan baik. Sehingga pelan-pelan dan do’a anda juga, mudah-mudahan Allah bisa menarik kembali apa yang dia yakini ke anda selama ini.

Masalah belajar ilmu tertentu dan kemudian bisa bepergian ke seluruh penjuru dunia secara rohaniah, tidak pernah diajarkan oleh Rasulallah saw dan tidak terdapat dalam Al-Qur’an, ilmu ini tidak juga dimiliki oleh para sahabat. Padahal mereka orang yang sangat memerlukan ilmu ini, kalau memang ilmu ini benar. Hari ini kita diberikan oleh Allah SWT kemudahan dengan transportasi yaitu pesawat yang sangat cepat. Sedangkan dahulu, para sahabat untuk berdakwah hanya menggunakan onta, naik kuda, bahkan Rasulallah jalan kaki, padahal dalam misi yang sangat mulia yaitu mencari pendukung Islam dan menyebarkan Islam.

Bepergian secara rohaniah bila diteliti lebih jauh hanya diajarkan oleh para dukun, walaupun sebagian orang tertipu dengan ritual-ritual yang dilakukan untuk mencapai ilmu tersebut, karena untuk mencapai ilmu tersebut ada dzikir dan wiridnya, atau ada rajah-rajah bertuliskan bahasa Arab dan lain-lain. Saya mempunyai pengalaman, seperti ketika saya menjumpai salah satu Kyai yang sudah bertaubat, di mana ia pernah mengalamalkan ilmu tersebut, dan ternyata ia mendapatkan pengalaman pahit, ketika ia ingin pergi ke Mekah dalam waktu yang singkat. Ternyata, bukannya pergi ke Mekah tapi ia disesatkan di salah satu tempat yang sepi dan gelap di malam hari.

Salah seorang Ustadz di Majalah Ghaib bercerita, ada seseorang yang datang kepadanya dan mengatakan bahwa ia biasa sholat di Masjidil Haram, kemudian Ustadz itu menjawab, hal itu tidak mungkin terjadi. Kalaupun itu terjadi, hanya merupakan permainan setan. Sehingga Ustadz tersebut menyarankan satu hal kepada orang itu, yaitu bila nanti sampai ke Masjidil Haram dalam waktu singkat tolong kumandangkan azan, begitu azan ternyata orang tersebut mendapatkan dirinya di atas pohon. Karena dalam hadis Rasulallah saw bahwa setan itu lari terbirit-birit ketika mendengarkan azan. Artinya, ini adalah permainan setan yang mengelabui mata kita, seakan-akan kita sedang berada di Mekah atau di tempat lainnya, padahal sesungguhnya kita tidak pergi ke mana-mana.

Adapun kebenaran kakak anda dalam menebak kondisi mertuanya yang berada di Banyuwangi, itu adalah kerjaan jin. Jadi, itu bukan bukti bahwa ia benar, dan juga bukan bukti bahwa ilmu yang dia punya adalah ilmu yang diridhoi Allah. Karena sesungguhnya sangat mudah bagi jin untuk mendapatkan informasi tentang keadaan orang yang berada Banyuwangi, kemudian disampaikan ke kakak anda untuk membuat fitnah, dan ternyata setan berhasil yaitu kakak anda semakin yakin bahwa ilmu yang ia pelajari adalah benar dan bermanfaat untuk orang lain dari jarak jauh. Dari sini dapat dilihat bahwa ilmu itu tidak benar, karena sesungguhnya ilmu terawang atau ilmu mengetahui jarak jauh merupakan ilmu bantuan setan.

Ini merupakan kesesatan yang nyata, namun sekali lagi berikanlah nasihat-nasihat yang baik pada kakak anda dengan mengungkapkan bukti-bukti tersebut. Mudah-mudahan kakak anda dapat terbuka pikiran dan hatinya. Belajarlah ilmu yang benar, yaitu ilmua yang diajarkan Rasulallah yang akan membawa kedamaian. Ajaklah kakak anda untuk berpikir pada dunia yang lebih nyata, karena orang-orang seperti itu sedang sakit jiwa dan hatinya, maka obatilah dengan cara yang baik, mudah-mudahan saudara Ahmad mendapat bantuan dari Allah untuk membawa kakak anda ke jalan yang benar.

Wassalam

——————————————————

Anak Saya Sering Menangis dan Menjerit Tengah Malam

Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Ustadz, anak saya sekarang berusia 20 bulan. Satu minggu ini saya dibuat prihatin, karena hampir setiap tengah malam anak saya tiba-tiba terbangun dari tidur dan menangis serta menjerit-jerit tanpa sebab yang jelas, sampai tetangga ikut bangun.

Menurut pengamatan kami, anak saya memang dari kecil (sebelum bisa bicara) dia sering menunjuk-nunjuk tembok seakan dia bicara pada seseorang. Bahkan ketika malam kami sedang nyenyak tidur, kami kaget karena anak saya tiba-tiba sudah berada di tepi ranjang tempat tidur kami yang lumayan tinggi, seakan sedang bicara pada seseorang.

Keanehan itu sudah kami sadari sejak lama, tapi karena belum menimbulkan efek yang berarti dan kami berikhtiar sendiri sekuat tenaga kami dengan do’a-do’a, kami merasa hal itu masih wajar. Tapi untuk seminggu terakhir ini,kami betul-betul sudah tidak mampu menghadapinya sendiri.

Yang saya tanyakan, betulkah anak saya melihat/diganggu jin?  amalan apakah yang harus kami lakukan untuk mengusir jin tersebut kalau memang jin tersebut ada dalam rumah kami? Kebetulan samping kanan-kiri rumah kami memang masih kosong, tapi mengapa yang diganggu hanya anak saya, padahal anak seusia anak saya banyak di tempat saya tinggal? Anak saya juga sering panas, malah bulan Julai kelmarin sampai terkejar-kejar dan harus dirawat di rumah sakit. Atas jawapan yang Ustz sampaikan kami ucapkan terima kasih.

Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

Tengku Anis

Jawapan
Wa’alaikumsalaam wr. wb.

saudari T.Anis, saya ikut prihatin atas yang menimpa anak anda. Mudah-mudahan menjadi penambah pahala bagi anda sekeluarga, tapi anda harus tetap mengupayakan kesembuhan untuk anak anda, kerana anak adalah amanah dari Allah SWT sekaligus aset masa depan.

Mengenai anak anda yang sering menjerit-jerit tengah malam, boleh dikatakan bahwa ada kejanggalan yang terjadi pada anak anda, sebab seperti yang anda katakan sebelum mampu bicara pun, anak anda suka menunjuk-nunjuk kearah tembok dan berbicara sendiri, seperti berbicara dengan seseorang. Jadi ini sangat mungkin merupakan gangguan jin. Hanya masalahnya, jin itu mungkin ada di dalam tubuh anak anda atau ada di rumah anda, bahkan mungkin ada pada keduanya.

Sebagai penguat, bahwa ternyata di kiri dan kanan rumah anda masih banyak tanah atau rumah kosong, dan sering kita sebutkan bahwa jin menyukai tempat-tempat yang kosong, jadi sangat mungkin anak anda mendapatkan gangguan jin. Selain itu, bisa jadi sumbernya dari anak anda sendiri, biasanya kalau jin itu masuk ke dalam tubuh anak yang masih kecil, selain jin itu masuk ke dalam tubuh anak anda, mungkin juga ada ilmu yang diturunkan dari kakek atau neneknya. Oleh karena itu, anda harus melakukan ruqyah terhadap anak dan rumah anda, bacakan doa-doa perlindungan. Sedangkan untuk rumah anda bacakan surat Al-Baqaraah untuk penjagaan, mudah-mudahan setelah dilakukan ruqyah pada anak dan rumah anda, gangguan-gangguan itu akan tidak ada lagi.

Kenapa hanya anak anda yang diganggu? Mungkin ini kebaikan dari Allah SWT, dengan menguji kesabaran anda, untuk mendapatkan pahala yang lebih dari Allah SWT. Karena sesungguhnya Rasulallah bersabda, sesungguhnya Allah SWT jika mencintai satu kaum maka Allah akan mengujinya.

Gangguan jin boleh terjadi pada anak-anak, kerana penjagaan ibubapa yang kurang mengambil ihtimam terhadap anaknya. Sesungguhnya anak kecil itu tergantung pada kedua ibubapa, kerana anak-anak belum mempunyai tanggungjawab sendiri. Seperti yang dicontohkan Rasullah saw ketika mendoakan kedua orang cucunya Hasan dan Husain, ini menunjukan ibubapalah yang bertanggungjawab menjaga anak-anaknya.Kemungkinan penjagaan itu kurang, maka dengan mudah anak kecil diganggu jin. Demikian jawapan saya, semoga anak anda cepat sembuh.

——————————————————-——————————————————



Peristiwa masuknya jin ke dalam tubuh manusia masih menjadi teka-teki bagi sebagian orang. Peristiwa yang lebih dikenal dengan istilah kesurupan atau kerasukan jin (baca: setan) .Ada yang membenarkan dan ada pula yang mengingkari. Bahkan ada pula yang menganggapnya sebagai perkara dusta dan termasuk dari kesyirikan.

Para pembaca yang mulia, sebagai muslim sejati yang berupaya meniti jejak Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para shahabatnya, tentunya prinsip ‘berpegang teguh dan merujuk kepada Al-Qur`an dan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam berbeda pendapat’ haruslah selalu kedepankan. Sebagaimana bimbingan Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam kalam-Nya nan suci:

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيْعًا وَلاَ تَفَرَّقُوا

“Dan berpegang teguhlah kalian semua dengan tali (agama) Allah, dan janganlah kalian bercerai berai.” (Ali ‘Imran: 103)
Al-Imam Al-Qurthubi berkata: “Allah Subhanahu wa Ta’ala mewajibkan kepada kita agar berpegang teguh dengan Kitab-Nya (Al-Qur`an) dan Sunnah Nabi-Nya, serta merujuk kepada keduanya ketika terjadi perselisihan. Ia (juga) memerintahkan kepada kita agar bersatu di atas Al-Qur`an dan As-Sunnah secara keyakinan dan amalan…” (Tafsir Al-Qurthubi, 4/105)

Demikianlah timbangan adil yang dijunjung tinggi oleh Islam. Berangkat dari sini, maka kami bermaksud menyajikan –di tengah-tengah anda– beberapa sajian ilmiah berupa keterangan atau fatwa dari Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullahu dan Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullahu seputar permasalahan kesurupan atau kerasukan jin ini. Dengan harapan, ini boleh menjadi pelita dalam gelapnya permasalahan dan pembuka bagi cakrawala akal kita semua. Amiin ya Rabbal ‘Alamin…

————————————————————-
RAHASIA FENOMENA KESURUPAN MASAL KARENA KERASUKAN JIN DAN MAKHLUK HALUS SERTA CARA MENGATASINYA
————————————————————

Penjelasan Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullahu

Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullahu berkata:
“Segala puji hanyalah milik Allah Subhanahu wa Ta’ala semata. Shalawat dan salam semoga tercurahkan keharibaan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarganya, para shahabatnya, dan orang-orang yang haus akan petunjuknya. Amma ba’du:

Pada bulan Sya’ban tahun 1407 H, sejumlah surat kabar tempatan dan nasional telah memuat berita –ada yang ringkas dan ada yang detail– tentang masuk "Islamnya sejumlah jin di hadapanku di kota Riyadh, yang sedang merasuki tubuh salah seorang wanita muslimah". Sebelumnya, jin tersebut telah mengumumkan keislamannya di hadapan saudara Abdullah bin Musyarraf Al-‘Amri, seorang penduduk kota Riyadh. Setelah dibacakan ayat-ayat Al-Qur`an kepada wanita yang kerasukan itu dan berdialog dengan jin itu serta mengingatkan bahwa perbuatannya itu merupakan dosa besar dan kezaliman yang diharamkan, saudara Abdullah pun menyuruhnya agar keluar dari tubuh si wanita. Jin itu pun patuh, kemudian menyatakan keislamannya di hadapan saudara Abdullah ini.

Abdullah dan para wali wanita itu ingin membawa si wanita kepadaku, agar aku turut menyaksikan keislaman jin tersebut. Mereka pun datang kepadaku.

Aku menanyai jin tersebut tentang sebab-sebab dia masuk ke dalam tubuh si wanita. Dia pun menceritakan kepadaku beberapa faktor penyebabnya. Dia berbicara melalui mulut si wanita itu, akan tetapi suaranya adalah suara seorang laki-laki dan bukan suara wanita yang ketika itu sedang duduk di kursi bersama-sama dengan saudara laki-lakinya, saudara perempuannya, dan Abdullah bin Musyarraf yang tidak jauh dari tempat dudukku.

Sebagian masyayikh (para ulama) pun menyaksikan kejadian ini dan mendengarkan secara langsung ucapan jin tersebut yang telah menyatakan keislamannya. Dia menjelaskan bahwa asalnya dari India dan beragama Budha. Aku pun menasihatinya dan berwasiat kepadanya agar bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan memintanya keluar dari tubuh si wanita serta tidak menzaliminya. Dia pun menyambut ajakanku itu seraya mengatakan: “Aku merasa puas dengan agama Islam.”

Aku wasiatkan pula kepadanya agar mengajak kaumnya untuk masuk Islam setelah Allah Subhanahu wa Ta’ala memberinya hidayah. Dia menjanjikan hal itu, lalu ia pun keluar dari tubuh si wanita. Ucapan terakhir yang dia katakan ketika itu: “Assalamu’alaikum”. Setelah itu, barulah si wanita mulai berbicara dengan suara aslinya dan benar-benar merasakan kesembuhan serta keletihann pada tubuhnya.

Selang sebulan atau lebih, si wanita ini datang kembali kepadaku bersama dua saudara laki-laki, ibubapa, dan saudarinya. Dia memberitahu bahwa keadaannya sihat wal afiat dan syukur alhamdulillah jin itu tidak mendatanginya lagi. Aku bertanya kepada wanita tersebut tentang keadaannya saat kemasukan jin. Dia menjawab bahwa saat itu merasa selalu dihantui oleh fikiran-fikiran kotor yang bertentangan dengan syariat. Pikirannya selalu condong kepada agama Budha serta tertarik untuk mempelajari buku-buku agama tersebut. Kini, setelah Allah Subhanahu wa Ta’ala menyelamatkannya dari gangguan jin tersebut, sirnalah berbagai fikiran yang teryimpang itu.

Kemudian sampailah berita kepadaku bahwa Asy-Syaikh ‘Ali Ath-Thanthawi mengingkari peristiwa ini seraya menyatakan bahwa ini adalah penipuan dan kedustaan. kemingkinan itu rekaan record yang dibawa oleh si wanita dan bukan dari ucapan jin sama sekali. (Seketika itu juga –pen.), kuminta kaset yang telah direcord itu  tentang dialogku dengan jin tersebut. Setelah kudengarkan secara jelasnya, aku pun yakin bahwa suara itu adalah suara jin. Sungguh aku sangat heran dengan pernyataan yang dilontarkan Asy-Syaikh ‘Ali Ath-Thanthawi, bahwa itu adalah rekaan rakamannsemata-mata. Kerana aku berulang kali mengajukan pertanyaan kepada jin tersebut dan dia pun selalu menjawabnya. Bagaimana mungkin akal sihatt blh membenarkan adanya sebuah tape/alat rakam yang blh ditanya dan blh dijawab?! Sungguh ini merupakan kesalahan nyata dan statement yang sulit untuk diterima.

Asy-Syaikh ‘Ali Ath-Thanthawi juga menyatakan bahwa masuk Islamnya seorang jin oleh seorang manusia bertentangan dengan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala tentang Nabi Sulaiman ‘alaihissalam:

وَهَبْ لِي مُلْكًا لاَ يَنْبَغِي لأَََحَدٍ مِنْ بَعْدِي

“Dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki seorang pun sesudahku.” (Shad: 35)

Tidak diragukan lagi, Dalil nas di atas merupakan kesalahan dan pemahaman yang keliru, semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberinya hidayah.Betullah banyak ustaz2 yang sesat kini.Apa yang diucapkan tidak diamalkannya.nauzubillah min zalik.

Islamnya seorang jin kerana didakwah oleh manusia tidaklah bertentangan doa Nabi Sulaiman (di atas). Kerana telah banyak jin yang masuk Islam (dalam jumlah besar) melalui Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hal ini telah dijelaskan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam surat Al-Ahqaf dan Al-Jin. Demikian pula telah disebutkan dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim dari hadits Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

إِنَّ الشَّيْطَانَ عَرَضَ لِي فَشَّدَ عَلَيَّ لِيَقْطَعَ الصَّلاَةَ عَلَيَّ فَأَمْكَنَنِيَ اللهُ مِنْهُ فَذَعَتُّهُ وَلَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ أُوْثِقَهُ إِلَى سَارِيَةٍ حَتَّى تُصْبِح¡5;وا فَتَنْظُرُوا إِلَيْهِ فَذَكَرْتُ قَوْلَ سُلَيْمَانَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ {رَبِّ هَبْ لِيْ مُلْكًا لاَ يَنْبَغِي لأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي}، فَرَدَّهُ اللهُ خَاسِيًا. هَذَا لَفْظُ الْبُخَارِي

“Sesungguhnya setan telah menampakkan diri di hadapanku untuk memutus solatku. Namun Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kekuatan kepadaku untuk menghadapinya (baca: mengalahkannya), sehingga aku dapat mendorongnya dengan kuat. Sungguh, sebenarnya aku ingin mengikatnya di sebuah tiang hingga kalian dapat menontonnya di pagi harinya. Tapi aku teringat akan ucapan saudaraku Nabi Sulaiman ‘alaihissalam: ‘Ya Rabbi, anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki seorang pun sesudahku’. Maka Allah mengusirnya dalam keadaan hina.” Demikianlah lafadz yang diriwayatkan Al-Imam Al-Bukhari. Adapun lafadz Al-Imam Muslim adalah sebagai berikut:

إِنَّ عِفْرِيْتًا مِنَ الْجِنِّ جَعَلَ يَفْتِكُ عَلَيَّ الْبَارِحَةَ لِيَقْطَعَ عَلَيَّ الصَّلاَةَ وَإِنَّ اللهَ أَمْكَنَنِيْ مِنْهُ فَذَعَتُّهُ فَلَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ أَرْبِطَهُ إِلَى جَنْبِ سَارِيَةٍ مِنْ سَوَارِي الْمَسْجِدِ حَتَّى تُصْبِحُوا تَنْظُرُونَ إِلَيْهِ أَجْمَعُونَ أَوْ كُلُّكُمْ ثُمَّ ذَكَرْتُ قَوْلَ أَخِيْ سُلَيْمَانَ {رَبِّ هَبْ لِي مُلْكًا لاَ يَنْبَغِي لأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي} فَرَدَّهُ اللهُ خَاسِئًا.

“Sesungguhnya ‘Ifrit dari kalangan jin telah menampakkan diri di hadapanku tadi malam untuk memutus/mengganggu solatku. Namun Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kekuatan kepadaku untuk menghadapinya (baca: mengalahkannya), sehingga aku dapat mendorongnya dengan kuat. Sesebenarnya aku ingin mengikatnya di salah satu tiang masjid hingga kalian semua dapat menontonnya di pagi harinya. Tapi aku teringat akan ucapan saudaraku Nabi Sulaiman ‘alaihissalam: ‘Ya Rabbi, anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki seorang pun sesudahku’. Maka Allah mengusirnya dalam keadaan hina.”Bagi pelajar-pelajar yang mengambil STAM pasti lebih jelas tentang islamnya sekelompok Jin.Teman-teman yang tidak paham juga tentang hal ini rujuklah ustaz-ustaz yang mahir ilmu Tauhid.wassalam


————————————————————-

Para pembaca yang budiman, peristiwa masuknya jin ke dalam tubuh manusia hingga membuatnya kesurupan, telah ada keterangannya di dalam Kitabullah (Al-Qur`an), Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan ijma’ (kesepakatan) umat ini. Maka jangan sesekali hai orang yang tergolong dengan minda intelek (berpendidikan) untuk mengingkarinya tanpa berlandaskan ilmu dan petunjuk ilahi. Bahkan kerana semata-mata taqlid kepada sebagian ahli bid’ah(syiah) yang bertentangan dengan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Wallahul musta’an walaa haula walaa quwwata illa billah. Akan aku sajikan untuk anda –wahai pembaca– beberapa perkataan ahlul ilmi tentang masalah ini, insya Allah.
Berikut ini pernyataan para mufassir (ahli tafsir) berkenaan dengan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

الَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبَا لاَ يَقُوْمُوْنَ إِلاَّ كَمَا يَقُوْمُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ

“Orang-orang yang makan riba itu tidaklah berdiri (bangkit dari kuburnya) melainkan seperti berdirinya orang yang kerasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila.” (Al-Baqarah: 275)

 Al-Imam Abu Ja’far Ibnu Jarir Ath-Thabari berkata: “Yang dimaksud dengan ayat tersebut adalah orang yang dirasun di dunia, yang mana setan merasukinya hingga menjadi gila (punoh akalnya(klte)).”

 Al-Imam Al-Baghawi berkata tentang makna al-massu: “Yaitu gila/hilang akal. Seseorang disebut مَمْسُوْسٌ (gila/hilang akal) jika dia menjadi gila atau punoh/rosak akalnya.”

Al-Imam Ibnu Katsir berkata: “Orang-orang memakan riba itu tidaklah dibangkitkan dari kubur mereka di hari kiamat melainkan seperti bangkitnya orang yang dirasuk ketika setan merasukinya, yaitu berdiri dalam keadaan sempoyongan. Shahabat Abdullah bin ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma berkata: ‘Seorang pemakan riba akan dibangkitkan (dari kuburnya) di hari kiamat dalam keadaan gila (rusak akalnya).’ (Diriwayatkan oleh Al-Imam Ibnu Abi Hatim). Seperti itu pula yang diriwayatkannya dari Auf bin Malik, Sa’id bin Jubair, As-Suddi, Rabi’ bin Anas, Qatadah, dan Muqatil bin Hayyan (tentang ayat tersebut).”

 Al-Imam Al-Qurthubi berkata: “Di dalam ayat ini terdapat kejelasan tentang rosaknya pendapat orang yang mengingkari adanya kesarukan jin. Juga penjelasan tentang rosaknya anggapan bahwa itu hanyalah proses alamiah yang terjadi pada tubuh manusia, serta rusaknya anggapan bahwa setan tidak dapat merasuki tubuh manusia.”
Perkataan para ahli tafsir yang semakna dengan ini cukup banyak. Barangsiapa yang mencari, insya Allah akan mendapatkannya.

————————————————————-————————————————————

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullahu dalam kitabnya Idhah Ad-Dilalah Fi ‘Umumir Risalah Lits-tsaqalain yang terdapat dalam Majmu’ Fatawa (19/9-65), –setelah berbicara beberapa hal– berkata: “Oleh kerana itu, sekelompok orang dari kalangan Mu’tazilah semacam Al-Jubba’i, Abu Bakr Ar-Razi, dan yang semisalnya, mengingkari peristiwa masuknya jin ke dalam tubuh orang yang dirasuk, namun tidak mengingkari adanya jin. Hal itu (menurut mereka) kerana dalil dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang peristiwa masuknya jin ke dalam tubuh orang yang kerasukan tidak sejelas dalil yang menunjukkan tentang adanya jin, walaupun sesungguhnya (pendapat) mereka itu keliru. Sebab itu, Al-Imam Abul Hasan Al-Asy’ari menyebutkan dalam Maqalat Ahlis Sunnah Wal Jama’ah bahwasanya mereka (yakni Ahlus Sunnah) menyatakan: “Sesungguhnya jin itu dapat masuk ke dalam tubuh orang yang kerasukan, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

الَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبَا لاَ يَقُوْمُوْنَ إِلاَّ كَمَا يَقُوْمُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ

“Orang-orang yang makan riba itu tidaklah berdiri (bangkit dari kuburnya) melainkan seperti berdirinya orang yang kerasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila.” (Al-Baqarah: 275)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullahu dalam Majmu’ Fatawa (24/276-277) juga mengatakan: “Keberadaan jin merupakan perkara yang benar menurut Kitabullah dan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam serta kesepakatan salaful ummah (para pendahulu umat ini) dan para ulamanya. Demikian pula masuknya jin ke dalam tubuh manusia, juga merupakan perkara yang benar sesuai dengan kesepakatan para imam Ahlus Sunnah wal Jamaah.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

الَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبَا لاَ يَقُوْمُوْنَ إِلاَّ كَمَا يَقُوْمُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ

“Orang-orang yang makan riba itu tidaklah dapat berdiri (bangkit dari kuburnya) melainkan seperti berdirinya orang yang kerasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila.” (Al-Baqarah: 275)

Di dalam kitab Ash-Shahih dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِي مِنِ ابْنِ آدَمَ مَجْرَى الدَّمِ

“Sesungguhnya setan itu dapat berjalan pada tubuh anak cucu Adam melalui aliran darah.” (HR. Al-Bukhari, Kitab Al-Ahkam no. 7171 dan Muslim, Kitab As-Salam no. 2175)


Abdullah bin Ahmad bin Hanbal rahimahumallahu berkata: “Aku pernah berkata pada ayahku: ‘Sesungguhnya ada sekelompok orang yang mengatakan bahwa jin itu tidak dapat masuk ke dalam tubuh manusia.’ Maka ayahku berkata: ‘Wahai anakku, mereka itu berdusta. Bahkan jin dapat berbicara melalui mulut orang yang dirasuk.’ Permasalahan ini telah dijelaskan secara panjang lebar pada tempatnya.”

Apa yang Al-Imam Ahmad katakan ini adalah perkara yang masyhur. Sangat mungkin seseorang yang mengalami kerasukan dapat berbicara dengan sesuatu yang tidak dipahaminya. Ketika tubuhnya dipukul dengan keras pun ia tidak merasakannya. Padahal bila pukulan itu ditimpakan kepada unta jantan, niscaya akan kesakitan. Sebagaimana ia tidak menyedari pula apa yang diucapkannya. Seorang yang dirasuk, terkadang dapat menarik tubuh orang lain yang sihat. Dia juga dapat menarik alas duduk yang didudukinya, serta dapat memindahkan berbagai macam benda dari satu tempat ke tempat yang lain, dan sebagainya. Siapa saja yang menyaksikannya, niscaya meyakini bahwa yang berbicara melalui mulut orang yang kesurupan itu dan yang menggerakkan benda-benda tadi bukanlah diri orang yang kesurupan tersebut. Tidak ada para imam yang mengingkari masuknya jin ke dalam tubuh orang yang kesurupan/dirasuk. Barangsiapa menentang bahwa syariat ini telah mendustakan peristiwa tersebut bererti dia telah berdusta atas nama syariat. Dan sesungguhnya tidak ada dalil-dalil syar’i yang menafikannya.”-sekian nukilan dari Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah-

————————————————————-————————————————————

Al-Imam Ibnul Qayyim dalam kitabnya Zadul Ma’ad Fi Hadyi Khairil ‘Ibad (4/66-69) berkata: “Kesurupan/dirasuk ada dua macam:
1. Kesurupan yang disebabkan oleh gangguan roh jahat yang ada di muka bumi ini.
2. Kesurupan yang disebabkan oleh gangguan akal yang amat buruk.

Jenis kedua inilah yang dibahas oleh para doktor, berikut faktor penyebab dan cara pengubatannya.

Adapun kesurupan yang disebabkan oleh gangguan roh jahat (di antaranya jin/setan, -pen), para pemuka dan ahli perubatan juga mengakui eksistensinya. Menurut mereka, pengubatannya harus dengan roh-roh yang mulia lagi baik agar dapat melawan roh-roh yang jahat lagi jelek itu. Sehingga dapat mengatasi pengaruh-pengaruh buruknya, bahkan dapat membatalkan tindak kejahatannya.

Keyakinan semacam ini telah dinyatakan oleh Buqrath (Hipocrates) dalam beberapa bukunya, berikut beberapa jenis pengubatan untuk kesurupan/kerasukan. Buqrath mengatakan: ‘Pengobatan ini hanya berfungsi untuk kesurupan yang disebabkan oleh gangguan fizik dan masuknya zat-zat tertentu ke dalam tubuh. Sedangkan kesurupan yang disebabkan oleh gangguan roh-roh jahat (termasuk jin/setan), maka pengubatan di atas tidaklah bermanfaat.’

Adapun sebagian doktor yang bodoh dan rendah –terlebih yang mengagungkan fahamam zandaqah (zindiq/kafir, tidak percaya pada Allah Subhanahu wa Ta’ala)– mengingkari kesurupan. Mereka juga tidak mengakui adanya efek buruk roh-roh tersebut terhadap tubuh orang yang kesurupan. Mereka sesungguhnya telah dikuasai oleh kebodohan. Sebab menurut ilmu kedoktoran sendiri, jenis kesurupan semacam ini benar-benar ada dan tidak ada alasan untuk mengingkarinya. Terlebih bila keberadaannya dapat dibuktikan pula oleh panca indra dan realita.

wassalam.

————————————————————-


Untuk mengubati kesurupan jenis ini, perlu memperhatikan dua hal:
1. Berkaitan dengan diri orang yang kesurupan itu sendiri.
2. Berkaitan dengan orang yang mengobatinya.

Adapun yang berkaitan dengan diri orang yang kesurupan itu sendiri, maka dengan kekuatan jiwanya dan kemantapannya dalam menghadap Pencipta roh-roh tersebut (yakni Allah Subhanahu wa Ta’ala) serta kesungguhannya dalam meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang berpadu antara hati dan lisannya. Kerana keadaan ibarat pertempuran, yang mana seseorang tidak akan mampu menundukkan musuhnya dengan senjata yang dimilikinya kecuali bila terpenuhi dua hal: senjatanya benar-benar tajam, dan ayunan tangannya benar-benar kuat. Di saat kurang salah satunya, maka senjata itu pun kurang berfungsi. Lalu bagaimana jika tidak didapati kedua hal tersebut?! Di mana hatinya kosong dari tauhid, tawakkal, takwa, dan kemantapan dalam menghadap Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tentu lebih dari itu, yakni dia tidak memiliki senjata.”

Sedangkan yang berkaitan dengan orang yang mengubati, dia pun harus memiliki dua hal yang telah disebutkan di atas. Sampai-sampai (ketika kedua hal tersebut telah terpenuhi, -pent.) di antara orang yang mengubati itu ada yang cukup mengatakan (kepada jin/setan tersebut): ‘Keluarlah darinya!’ atau ‘Bismillah’ atau ‘Laa haula wala quwwata illa billah.’ Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun pernah mengatakan: ‘Keluarlah wahai musuh Allah Subhanahu wa Ta’ala! Aku adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.’

Aku (Ibnul Qayyim, -pent.) pernah menyaksikan Syaikh kami (yakni Ibnu Taimiyyah, -pent.) mengutus seseorang kepada orang yang sedang kesurupan, untuk menyampaikan kepada roh (jin) yang ada pada diri orang yang kesurupan itu: “Syaikh menyuruhmu untuk keluar (dari tubuh orang ini), kerana perbuatan itu haram baginmu!” Seketika itu sedarlah orang yang kesurupan tersebut. Dan terkadang beliau menanganinya sendiri. Ada kalanya roh itu jahat, sehingga untuk mengusirnya pun harus dengan pukulan. Ketika orang yang kesurupan itu tersedar, dia tidak merasakan rasa sakit akibat pukulan tersebut,kerana yang dipukul adalah jin.

Sungguh kami dan yang lainnya sering kali menyaksikan beliau rahimahullahu melakukan pengubatan semacam itu.” –Hingga perkataan beliau–: “Secara anggaran besar, kesurupan jenis ini pengubatannya tidaklah diingkari kecuali oleh orang yang kurang ilmu, akal, dan pengetahuannya.

Kebanyakan masuknya roh-roh jahat ini ke dalam tubuh seseorang disebabkan jahilnya agama dan kosongnya hati serta lisan dari hakikat dzikir, permintaan perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, serta pembentengan keimanan yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sehingga ketika ia tidak lagi memiliki senjata dan kosong sama sekali dari pembentengan diri, masuklah roh-roh jahat itu kepadanya.” -sekian nukilan dari Ibnul Qayyim-

————————————————————-

Penjelasan Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullahu

Suatu hari Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullahu ditanya: “Adakah dalil yang menunjukkan bahwa jin dapat masuk ke dalam tubuh manusia?”

Beliau menjawab: “Ya. Ada dalil dari Al-Qur`an dan As-Sunnah yang menunjukkan bahwa jin dapat masuk ke dalam tubuh manusia.

Dari Al-Qur`anul Karim, adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

الَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبَا لاَ يَقُوْمُوْنَ إِلاَّ كَمَا يَقُوْمُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ

“Orang-orang yang makan riba itu tidaklah dapat berdiri (bangkit dari kuburnya) melainkan seperti berdirinya orang yang kerasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila.” (Al-Baqarah: 275)

Al-Imam Ibnu Katsir rahimahullahu berkata: “Orang-orang pemakan riba itu tidaklah dibangkitkan dari kubur mereka di hari kiamat melainkan seperti bangkitnya orang yang kesurupan saat setan merasukinya.”

Sedangkan dalil dari As-Sunnah adalah sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِي مِنِ ابْنِ آدَمَ مَجْرَى الدَّمِ

“Sesungguhnya setan itu dapat berjalan pada tubuh anak cucu Adam melalui aliran darah.” (HR. Al-Bukhari, Kitab Al-Ahkam no.7171 dan Muslim, Kitab As-Salam no. 2175)

Abul Hasan Al-Asy’ari rahimahullahu dalam Maqalat Ahlis Sunnah Wal Jama’ah berkata: “Bahwasanya mereka –yakni Ahlus Sunnah– menyatakan: ‘Sesungguhnya jin dapat masuk ke dalam tubuh orang yang kesurupan’.” Beliau berdalil dengan ayat (275 dari surat Al-Baqarah) di atas.

Abdullah bin Al-Imam Ahmad rahimahumallahu berkata: “Aku pernah berkata pada ayahku: ‘Sesungguhnya ada sekelompok orang yang mengatakan bahwa jin itu tidak dapat masuk ke dalam tubuh manusia.’ Maka ayahku berkata: ‘Wahai anakku, mereka itu berdusta. Bahkan jin dapat berbicara melalui mulut orang yang kesurupan.’

Ada beberapa hadits dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan Al-Imam Ahmad dan Al-Baihaqi: “Bahwasanya seorang bocah gila didatangkan di hadapan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata (kepada jin yang merasukinya, -pent) :Keluarlah wahai musuh Allah! Aku adalah Rasulullah.’ Maka sembuhlah sijahil agama tersebut.” (Al-Musnad, no. 17098, 1713)

Dari sini engkau dapat mengetahui bahwa permasalahan masuknya jin ke dalam tubuh manusia ada dalilnya dari Al-Qur`anul Karim dan juga dua dalil dari As-Sunnah.

Inilah sesungguhnya pendapat Ahlus Sunnah Wal Jamaah dan para imam dari kalangan as-salafush shalih. Realiti pun membuktikannya. Walaupun demikian kami tidak mengingkari adanya penyebab lain bagi penyakit gila seperti lemahnya syaraf atau rusaknya jaringan otak, dll.” (Dikutip dan diterjemahkan dari kitab Al-Fatawa Asy-Syar’iyyah fil Masa`il Al-‘Ashriyyah Min Fatawa ‘Ulama Al-Balad Al-Haram, hal. 1563-1564)

————————————————————-

Pembaca yang budiman, demikianlah sajian ilmu dari dua ulama besar Ahlus Sunnah Wal Jamaah jaman ini menjelaskan permasalahan kesurupan atau kerasukan jin (baca: setan), yang berpijak di atas dalil dari Al-Qur`an, As-Sunnah, dan ijma’ para ulama terpercaya umat Islam. Adapun kesimpulannya, sebagai berikut:

1. Keberadaan jin merupakan perkara yang benar menurut Al-Qur`an dan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam serta kesepakatan salaful ummah dan para ulamanya.

2. Masuknya jin ke dalam tubuh manusia (kesurupan/ kerasukan setan), benar pula adanya menurut Al-Qur`an dan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, kesepakatan salaful ummah dan para ulamanya serta realita pun membuktikannya.

3. Para pemuka dan ahli kedokteran pun mengakui adanya peristiwa kesurupan jin, sebagaimana keterangan Al-Imam Ibnul Qayyim di atas. Sehingga, barangsiapa mengklaim bahwasanya syariat ini telah mendustakan adanya kesurupan jin berarti dia telah berdusta atas nama syariat itu sendiri.

4. Masuk Islamnya jin melalui seorang manusia, diperbolehkan dalam syariat Islam. Hal ini sama sekali tidak bertentangan dengan doa Nabi Sulaiman ‘alaihissalam:

وَهَبْ لِي مُلْكًا لاَ يَنْبَغِي لأَََحَدٍ مِنْ بَعْدِي

“Dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki seorang pun sesudahku.”

Wallahu a’lam.

Silahkan mengcopy dan memperbanyak artikel ini
dengan mencantumkan sumbernya dari mana-mana laman web yang berkaitan tengtan permasalahan diatas.

————————————————————-
 –PENYEMBUHAN ISLAMI YANG DIAJARKAN NABI – THIBBUN NABAWI – MENGUBATI PENYAKIT DENGAN CARA YANG DIAJARKAN NABI MUHAMMAD SAW

Sahabat yang mulia Abu Sa‘id Al-Khudri rahimahullahu berkata:

أَنَّ رَهْطًا مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ انْطَلَقُوْا فِي سَفْرَةٍ سَافَر¡5;وْهَا حَتَّى نَزَلُوْا فِي حَيٍّ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ، فَاسْتَضَافُوْهُمْ فَأَبَوْا أَنْ يُضَيِّفُوْهُمْ. فَلُدِغَ سَيِّدُ ذَلِكَ الْحَيِّ، فَسَعَوْا لَهُ بِكُلِّ شَيْءٍ، لاَ يَنْفَعُهُ شَيْءٌ. فَقَالَ بَعْضُهُمْ: لَوْ أَتَيْتُمْ هَؤُلاَءِ الرَّهْطَ الَّذِيْنَ قَدْ نَزَلُوْا بِكُم، لَعَلَّهُ أَنْ يَكُوْنَ عِنْدَ بَعْضِهِمْ شَيْءٌ. فَأَتَوْهُمْ فَقَالُوْا: يَا أَيُّهَا الرَّهْطُ! إِنَّ سَيِّدَنَا لُدِغَ، فَسَعَيْنَا لَهُ بِكُلِّ شَيْءٍ، لاَ يَنْفُعُهُ شَيْءٌ، فَهَلْ عِنْدَ أَحَدٍ منكُمْ شَيْءٌ؟ فَقَالَ بَعْضُهُمْ: نَعَمْ، وَاللهِ إِنِّي لَرَاقٍ، وَ لَكِنْ وَاللهِ لَقَدِ اسْتَضَفْنَاكُمْ فَلَمْ تُضَيِّفُوْنَا، فَمَا أَنَا بِرَاقٍ لَكُمْ حَتَّى تَجْعَلُوْا لَنَا جُعْلاً. فَصَالِحُوْهُمْ عَلَى قَطِيْعٍ مِنَ الْغَنَمِ. فَانْطَلَقَ فَجَعَلَ يَتْفُلُ وَيَقْرَأُ: {الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ} حَتَّى لَكَأَنَّمَا نُشِطَ مِنْ عِقَالٍ، فَانْطَلَقَ يَمْشِي مَا بِهِ قَلَبَةٌ. قَالَ: فَأَوْفَوْهُمْ جُعْلَهُمُ الَّذِي صَالَحُوْهُمْ عَلَيْهِ. فَقَالَ بَعْضُهُمْ: اقْسِمُوا. فَقَالَ الَّذِي رَقَى: لاَ تَفْعَلُوْا حَتَّى نَأْتِيَ رَسُوْلَ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَنَذْكُرَ لَهُ الَّذِي كَانَ، فَنَنْظُرَ مَا يَأْمُرُنَا. فَقَدِمُوْا عَلى رَسُولِ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَذَكَرُاْ لَهُ ذَلِكَ، فَقَالَ: وَمَا يُدْرِيْكَ أَنَّهَا رُقْيَةٌ؟ أَصَبْتُمْ، اقْسِمُوا وَاضْرِبُوا لِي مَعَكُمْ بِسَهْمٍ

Sejumlah sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pergi dalam sebuah safar (perjalanan) yang mereka tempuh, hingga mereka singgah di sebuah kampung Arab. Mereka kemudian meminta penduduk kampung tersebut agar menjamu mereka, namun penduduk kampung itu menolak.

Tak lama setelah itu, kepala suku dari kampung tersebut tersengat binatang berbisa. Penduduknya pun mengupayakan segala cara pengubatan, namun tidak sedikit pun yang memberikan manfaat untuk kesembuhan pemimpin mereka. Sebagian mereka berkata kepada yang lain: “Seandainya kalian mendatangi rombongan yang tadi singgah di tempat kalian, mungkin saja ada di antara mereka mempunya Ubat (yang bisa menghilangkan sakit yang diderita pemimpin kita).” Penduduk kampung itu pun mendatangi rombongan sahabat Rasulullah yang tengah beristirahat tersebut, seraya berkata: “Wahai sekelompok orang, pemimpin kami disengat binatang berbisa. Kami telah mengupayakan berbagai cara untuk menyembuhkan sakitnya, namun tidak satu pun yang bermanfaat. Apakah salah seorang dari kalian ada yang memiliki ubat?” Salah seorang sahabat berkata: “Iya, demi Allah, aku boleh meruqyah. Akan tetapi, demi Allah, tadi kami minta dijamu namun kalian enggan untuk menjamu kami. Maka aku tidak akan melakukan ruqyah untuk kalian hingga kalian bersedia memberikan pengadilan kepada kami.”

Mereka pun bersepakat untuk memberikan sekawanan kambing2 sebagai upah dari ruqyah yang akan dilakukan. Sahabat pun apalagi pergilah untuk meruqyah pemimpin kampung tersebut. Mulailah ia meniup disertai sedikit meludah dan membaca: “Alhamdulillah rabbil ‘alamin” (Surah Al-Fatihah). Sampai akhirnya.Begitu besar kaifiat Ummul kitab ini. Pemimpin tersebut seakan-akan terlepas dari ikatan yang mengekangnya. Ia pun pergi berjalan, tidak ada lagi rasa sakit (yang membuatnya membolak-balikkan tubuhnya di tempat tidur).

Penduduk kampung itu lalu memberikan ganjaran sebagaimana telah disepakati sebelumnya. Sebagian sahabat berkata: “Bagilah kambing itu.” Namun sahabat yang meruqyah berkata: “Jangan kita lakukan hal itu, sampai kita menghadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu kita ceritakan kejadiannya, dan kita tunggu apa yang beliau perintahkan.” Mereka pun menghadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu mengceritakan apa yang telah terjadi. Beliau bertanya kepada sahabat yang melakukan ruqyah: “Dari mana engkau tahu bahwa Al-Fatihah itu boleh dibaca untuk meruqyah? Kalian benar, bagilah kambing itu dan berikanlah bagian untukku bersama kalian.”

Hadits di atas diriwayatkan Al-Imam Al-Bukhari rahimahullahu dalam kitab Shahih-nya no. 5749, kitab Ath-Thibb, bab An-Nafats fir Ruqyah. Diriwayatkan pula oleh Al-Imam Muslim rahimahullahu dalam Shahih-nya no. 5697 kitab As-Salam, bab Jawazu Akhdzil Ujrah ‘alar Ruqyah.Perbanyakkanlah rujuk hadis baru dapat petunjuk dan pengetahuan.Atau kalu boleh cuba ikut jemaah tabligh yang berpusat di sering petaling.

——————————————————————————————————————————

Beberapa faedah yang dapat kita ambil dari hadits Abu Sa‘id Al-Khudri radhiallahu ‘anhu di atas adalah:

1. Surah Al-Fatihah mustahab untuk dibacakan kepada orang yang disengat binatang berbisa dan orang sakit.

2. Boleh mengambil upah dari ruqyah dan upah itu halal.

3. Seluruh kambing itu sebenarnya milik orang yang meruqyah adapun yang lainnya tidak memiliki hak, namun dibahagikannya kepada teman-temannya kerana kedermawanan dan kebaikan.

4. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam minta bahagian dalam rangka lebih menenangkan hati para sahabatnya dan untuk lebih menunjukkan bahwa upah yang didapatkan tersebut halal, tidak mengandung syubhat.

Demikian faedah yang disebutkan Al-Imam An-Nawawi rahimahullahu dalam Al-Minhaj Syarhu Shahih Muslim (14/410).

—————————————————————————————————————————

Pengobatan Nabawiyyah (At-Thibbun Nabawi) Bukan Pengubatan Alternatif

Keberadaan berbagai penyakit termasuk sunnah kauniyyah yang diciptakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Penyakit-penyakit itu merupakan musibah dan ujian yang ditetapkan Allah Subhanahu wa Ta’ala atas hamba-hamba-Nya. Dan sesungguhnya pada musibah itu terdapat kemanfaatan bagi kaum mukminin. Shuhaib Ar-Rumi radhiallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِن، إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَلِكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِن، إِنْ أَصَابَهُ سَرَّاءٌ شَكَرَ، فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَهُ ضَرَّاءٌ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Sungguh mengagumkan perkara seorang mukmin. Sungguh seluruh perkaranya adalah kebaikan. Yang demikian itu tidaklah dimiliki oleh seorangpun kecuali seorang mukmin. Jika ia mendapatkan kelapangan, ia bersyukur. Maka yang demikian itu baik baginya. Dan jika ia ditimpa kesusahan, ia bersabar. Maka yang demikian itu baik baginya.” (HR. Muslim no. 2999)

Termasuk keutamaan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang diberikan kepada kaum mukminin, Dia menjadikan sakit yang menimpa seorang mukmin sebagai penghapus dosa dan kesalahan mereka. Sebagaimana tersebut dalam hadits Abdullah bin Mas‘ud radhiallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُص;ِيْبُهُ أَذًى مِنْ مَرَضٍ فَمَا سِوَاهُ إِلاَّ حَطَّ اللهُ بِهِ سَيِّئَاتِهِ كَمَا تَحُطُّ الشَّجَرَةُ وَرَقَهَا

“Tidaklah seorang muslim ditimpa gangguan berupa sakit atau lainnya, melainkan Allah menggugurkan kesalahan-kesalahannya sebagaimana pohon menggugurkan daun-daunnya.” (HR. Al-Bukhari no. 5661 dan Muslim no. 6511)

Di sisi lain, sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan penyakit, Dia pun menurunkan penawar bersama penyakit itu. ubat itupun menjadi rahmat dan keutamaan dari-Nya untuk hamba-hamba-Nya, baik yang mukmin maupun yang kafir. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam hadits Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu:

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلاَّ أَنْزَل لَهُ شِفَاءً

“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan untuk penyakit itu ubatnya.” (HR. Al-Bukhari no. 5678)
Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu mengabarkan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إِنَّ اللهَ لَمْ يَنْزِلْ دَاءً إِلاَّ وَأَنْزَل لَهُ دَوَاءً، جَهِلَهُ مَنْ جَهِلَهُ وَعَلِمَهُ مَنْ عَلِمَهُ

“Sesungguhnya Allah tidaklah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan pula ubatnya bersamanya. (Hanya saja) tidak mengetahui orang yang tidak mengetahuinya dan mengetahui orang yang mengetahuinya.” (HR. Ahmad 1/377, 413 dan 453. Dan hadits ini dishahihkan dalam Ash-Shahihah no. 451)

Jabir radhiallahu ‘anhu membawakan hadits dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أُصِيْبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ

“Setiap penyakit ada ubatnya. Maka bila ubat itu mengenai penyakit akan sembuh dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (HR. Muslim no. 5705)

Al-Qur`anul Karim dan As-Sunnah yang shahih sarat dengan beragam penyembuhan dan ubat yang bermanfaat dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.Tidak terlebih dahulu berpaling dan meninggalkannya untuk beralih kepada pengubatan kimia medicine yang ada di masa sekarang ini. (Shahih Ath-Thibbun Nabawi, hal. 5-6, Abu Anas Majid Al-Bankani Al-‘Iraqi)

Kerana itulah Al-Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullahu berkata: “Sungguh para tabib telah sepakat bahwa ketika memungkinkan pengubatan dengan bahan makanan maka jangan beralih kepada ubat-ubatan (kimia,hosoital.). Ketika menggunakan ubat yang sederhana, maka jangan beralih memakai ubat yang kompleks. Mereka mengatakan: ‘Setiap penyakit yang mampu ditolak dengan makanan-makanan tertentu dan pencegahan, janganlah mencuba menolaknya dengan obat-obatan’.”

Ibnul Qayyim juga berkata: “Berpalingnya manusia dari cara pengobatan nubuwwah seperti halnya berpalingnya mereka dari pengubatan dengan Al-Qur`an, yang merupakan ubat bermanfaat.” (Ath-Thibbun Nabawi, hal. 6, 29)

Dengan demikian, jangan seorang muslim menjadikan pengubatan nabawiyyah(ruqyah) sekadar sebagai pengubatan alternatif. Justru sepantasnya dia menjadikannya sebagai cara pengubatan yang utama, kerana kepastiannya datang dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dan sabdaan Rasul-Nya Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sementara pengubatan dengan ubat-ubatan kimia kepastiannya tidak seperti kepastian yang didapatkan dengan thibbun nabawi. Pengubatan yang diajarkan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam diyakini kesembuhannya kerana bersumber dari wahyu. Sementara pengubatan dari selain Nabi kebanyakannya dugaan atau dengan pengalaman/ujikaji.

Namun tentunya, berkaitan dengan kesembuhan suatu penyakit, seorang hamba tidak boleh bersandar semata dengan pengubatan tertentu. Dan tidak boleh meyakini bahwa ubatlah yang menyembuhkan sakitnya.Kerana itu adalah termasuk syirik khofi namun seharusnya ia bersandar dan bergantung kepada zat yang memberikan penyakit dan menurunkan ubatnya sekaligus, yakni Allah Subhanahu wa Ta’ala. Seorang hamba hendaknya selalu bersandar kepada-Nya dalam segala keadaannya. Hendaknya ia selalu berdoa memohon kepada-Nya agar menghilangkan segala kemudharatan yang tengah menimpanya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

أَمَّنْ يُجِيْبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوْءَ

“Siapakah yang mengijabahi (menjawab/ mengabulkan) permintaan orang yang dalam kesempitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan (siapakah) Dia yang menghilangkan kejelekan?” (An-Naml: 62)

Sungguh tidak ada yang dapat memberikan kesembuhan kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala semata. Kerana itulah, Nabi Ibrahim ‘alaihissalam memuji Rabbnya:

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِيْنِ

“Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkanku.” (Asy-Syu’ara`: 80)

——————————————————————————————————————————

Contoh Pengubatan Nabawi

Banyak sekali cara pengubatan nabawi. Kami hanya menyebutkan beberapa di antaranya, karana keterbatasan halaman yang ada:

1. Pengobatan dengan madu

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman tentang madu yang keluar dari perut lebah:

يَخْرُجُ مِنْ بُطُوْنِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيْهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat ubat yang menyembuhkan bagi manusia.” (An-Nahl: 69)

Madu dapat digunakan untuk mengubati berbagai jenis penyakit dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala. Di antaranya untuk mengubati sakit perut, seperti ditunjukkan dalam hadits berikut ini:

أَنَّ رَجُلاً أَتَى النَّبِيَّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: أَخِي يَشْتَكِي بَطْنَهُ. فَقَالَ: اِسْقِهِ عَسَلاً. ثُمَّ أَتَاهُ الثَّانِيَة فَقَالَ: اسْقِهِ عَسَلاً. ثُمَّ أَتَاهُ الثَّالِثَة فَقَالَ: اسْقِهِ عَسَلاً. ثُمَّ أَتَاهُ فَقَالَ: فَعَلْتُ. فَقَالَ: صَدَقَ اللهُ وَكَذَبَ بَطْنُ أَخِيْكَ، اسْقِهِ عَسْلاً. فَسَقَاهُ فَبَرَأَ

“Ada seseorang menghadap Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata: ‘Saudaraku mengeluhkan sakit pada perutnya.’ Nabi berkata: ‘Minumkan ia madu.’ Kemudian orang itu datang untuk kedua kalinya, Nabi berkata: ‘Minumkan ia madu.’ Orang itu datang lagi pada kali yang ketiga, Nabi tetap berkata: ‘Minumkan ia madu.’
Setelah itu, orang itu datang lagi dan menyatakan: ‘Aku telah melakukannya (namun belum sembuh juga malah bertambah mencret).’ Nabi bersabda: ‘Allah Maha benar dan perut saudaramu itu dusta. Minumkan lagi madu.’ Orang itu meminumkannya lagi, maka saudaranya pun sembuh.” (HR. Al-Bukhari no. 5684 dan Muslim no. 5731)

2. Pengubatan dengan habbah sauda` (jintan hitam, red.)

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ هَذِهِ الْحَبَّةَ السَّوْدَاءَ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلاَّ مِنَ السَّامِ. قُلْتُ: وَمَا السَّامُ؟ قَالَ: الْمَوْتُ

“Sesungguhnya habbah sauda` ini merupakan ubat dari semua penyakit, kecuali dari penyakit as-samu”. Aku (yakni`Aisyah radhiallahu ‘anha) bertanya: “Apakah as-samu itu?” Beliau menjawab: “Kematian.” (HR. Al-Bukhari no. 5687 dan Muslim no. 5727)

3. Pengubatan dengan susu dan kencing unta

Anas radhiallahu ‘anhu menceritakan: “Ada sekelompok orang ‘Urainah dari penduduk Hijaz menderita sakit (kerana kelaparan atau keletihan). Mereka berkata: ‘Wahai Rasulullah, berilah tempat kepada kami dan berilah kami makan.’ Ketika telah sihat, mereka berkata: ‘Sesungguhnya udara kota Madinah tidak layak bagi kami (hingga kami menderita sakit, –pent.).’ Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menempatkan mereka di Harrah, di dekat tempat pemeliharaan unta-unta beliau (yang berjumlah 3-30 ekor). Beliau berkata: ‘Minumlah dari susu dan kencing unta-unta itu.’9

Tatkala mereka telah sihat, mereka justru membunuh penggembala unta-unta Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam (setelah sebelumnya mereka mencungkil matanya) dan menggiring unta-unta tersebut (dalam keadaan mereka juga murtad dari Islam, -pent.). Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun mengirim utusan untuk mengejar mereka, hingga mereka tertangkap dan diberi hukuman dengan dipotong tangan dan kaki-kaki mereka serta dicungkil mata mereka.” (HR. Al-Bukhari no. 5685, 5686 dan Muslim no. 4329)

4. Pengubatan dengan berbekam (hijamah)10

Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma mengabarkan:

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ احْتَجَمَ وَهُوَ مُحْرِمٌ فِي رَأْسِهِ مِنْ شَقِيْقَةٍ كَانَتْ بِهِ

“Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbekam pada bagian kepalanya dalam keadaan beliau sebagai muhrim (orang yang berihram) kerana sakit pada sebagian kepalanya.” (HR. Al-Bukhari no. 5701)
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

الشِّفَاءُ فِي ثَلاَثٍ: شُرْبَةِ عَسَلٍ، وَشَرْطَةِ مِحْجَمٍ، وَكَيَّةِ نَارٍ، وَأَنْهَى أُمَّتِي عَنِ الْكَيِّ

“ubat/kesembuhan itu (antara lain) dalam tiga (cara pengubatan): minum madu, berbekam dan dengan kay, namun aku melarang umatku dari kay.”11 (HR. Al-Bukhari no. 5680)

*jika mahu berbekam silalah pergi ke masjid besar tengku Faeiz gua musang,kelantan berjumpa imam muda

—————————————————————

Ruqyah, Salah Satu Pengubatan Nabawi

Di antara cara pengubatan nabawi yang bermanfaat dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah ruqyah yang syar’i, yang ditetapkan dalam Al-Qur`an dan As-Sunnah yang shahih. Ketahuilah, Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan Al-Qur`anul Karim sebagai syifa` (ubat/ penyembuh) sebagaimana firman-Nya:

وَلَوْ جَعَلْنَاهُ قُرْآنًا أَعْجَمِيًّا لَقَالُوا لَوْلاَ فُصِّلَتْ آيَاتُهُ ءَأَعْجَمِيٌّ وَعَرَبِيٌّ قُلْ هُوَ لِلَّذِيْنَ آمَنُوا ه;ُدًى وَشِفَاءٌ

“Dan jikalau Kami jadikan Al-Qur`an itu suatu bacaan dalam selain bahasa Arab tentulah mereka mengatakan: ‘Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?’ Apakah (patut Al-Qur`an) dalam bahasa asing, sedangkan (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: ‘Al-Qur`an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang yang beriman’.” (Fushshilat: 44)

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur`an apa yang merupakan syifa` dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Al-Isra`: 82)

Huruf مِنْ dalam ayat di atas untuk menerangkan jenis, bukan menunjukkan tab‘idh (makna sebagian). Kerana Al-Qur`an seluruhnya adalah syifa` dan rahmat bagi orang-orang beriman, sebagaimana dinyatakan dalam ayat sebelumnya (yaitu surat Al-Fushshilat: 44).” (Ad-Da`u wad Dawa`, hal. 7)

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullahu berkata ketika memberikan komen terhadap hadits yang menyebutkan tentang wanita yang menderita ayan (epilepsi): “Dalam hadits ini ada dalil bahwa pengubatan seluruh penyakit dengan doa dan bersandar kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah lebih digalakkan serta lebih bermanfaat daripada dengan ubat-ubatan(merangkumi sejenih dadah). Pengaruh dan khasiatnya bagi tubuh pun lebih besar daripada pengaruh ubat-ubatan jasmani.

Namun kegalakkannnya hanyalah didapatkan dengan dua perkara:

Pertama: Di sisi orang yang menderita sakit, yaitu lurus niat/tujuannya.

Kedua: Di sisi orang yang mengbati, yaitu kekuatan bimbingan/arahan dan kekuatan hatinya dengan takwa dan tawakkal. Wallahu a’lam.” (Fathul Bari 10/115)

Dalam hadits Abu Sa‘id Al-Khudri radhiallahu ‘anhu tentang ruqyah dengan surat Al-Fatihah yang dilakukan salah seorang shahabat, benar-benar terlihat pengaruh ubat tersebut pada penyakit yang diderita sang pemimpin kampung. Sehingga ubat itu mampu menghilangkan penyakit, seakan-akan penyakit tersebut tidak pernah ada sebelumnya. Cara seperti ini merupakan pengubatan yang paling mudah dan ringan. Seandainya seorang hamba melakukan pengubatan ruqyah dengan membaca Al-Fatihah secara bagus, niscaya ia akan melihat pengaruh yang mengagumkan dalam kesembuhan.

Al-Imam Ibnu Qayyim rahimahullahu berkata: “Aku pernah tinggal di Makkah selama beberapa waktu dalam keadaan tertimpa berbagai penyakit. Dan aku tidak menemukan tabib maupun ubat. Aku pun mengubati diriku sendiri dengan Al-Fatihah yang dibaca berulang-ulang pada segelas air Zam-zam kemudian meminumnya, hingga aku melihat dalam pengubatan itu ada pengaruh yang mengagumkan. Lalu aku menceritakan hal itu kepada orang yang mengeluh sakit. Mereka pun melakukan pengubatan dengan Al-Fatihah, ternyata kebanyakan mereka sembuh dengan cepat.”
Subhanallah! Demikian penjelasan dan persaksian Al-Imam Ibnu Qayyim rahimahullahu terhadap ruqyah serta pengalaman pribadinya berubat dengan membaca Al-Fatihah. (Ad-Da`u wad Dawa` hal. 8, Ath-Thibbun Nabawi hal. 139)

Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan berkata: “Sungguh Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menjadikan Al-Qur`an sebagai syifa` bagi penyakit-penyakit hissi (yang dapat dirasakan oleh p.indera) dan maknawi berupa penyakit-penyakit hati dan badan. Namun dengan syarat, peruqyah dan yang diruqyah harus mengikhlaskan niat. Dan masing-masing meyakini bahwa kesembuhan itu datang dari sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan ruqyah dengan Kalamullah merupakan salah satu di antara sebab-sebab yang bermanfaat.”

Beliau juga berkata: “Pengubatan dengan ruqyah Al-Qur`an merupakan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan amalan salaf. Mereka dahulu mengubati orang yang terkena ‘ain, kesurupan jin, sihir dan seluruh penyakit dengan ruqyah. Mereka meyakini bahwa ruqyah termasuk sarana yang terbaik lagi bermanfaat, sementara yang menyembuhkan hanyalah Allah Subhanahu wa Ta’ala saja.” (Al-Muntaqa min Fatawa Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan, juz 1, jawaban soal no. 77)

——————————————————————————————————————————

Wanita dilarang memakai parfum/wangian saat bertemu para ikwan(lelaki) yg bukan keluarga dekatnya(muhrim/mahromnya). “Siapa pun wanita yang mengenakan wewangian, lalu melewati segolongan orang agar mereka mencium baunya, maka ia adalah wanita pezina” (H.R Abu Daud, Nasa’i dan Tirmidzi, dan hadits ini Hasan) .fikir-fikirkan berapa banyak penzina loni.

Dimanakah ALLAH? di dlm hati? di setiap tempat? dimana-mana? di langit? di bumi? tidak bertempat? ataukah tidak menempati ruang dan waktu? JAWAPAN YANG BENAR ADALAH ALLAH BERADA DI ATAS LANGIT (Arrahman ala arsis tawa...alquran) tetapi yang penting Allah tidak berhajat kapada tempat seperti manusia(rumah)[(berdasar Al Quran dan hadits-hadits shahih) ]Lebih detail belajarlah ilmu tauhid bab sifat 20 yg dimiliki Allah.

Lelaki tidak boleh berjabat tangan dengan wanita yang bukan muhrimnya/mahromnya. Nabi Muhammad SAW berkata: “Sesungguhnya saya tidak berjabat tangan dengan wanita.” [HR Malik 2/982, Nasa'i 7/149, Tirmidzi 1597, Ibnu Majah 2874, ahmad 6/357, dll]

Jabat tangan dgn wanita di zaman ini sudah menjadi sesuatu yang lumrah, pdhl Nabi sangat mengancam keras pelakunya. Nabi berkata: “Seandainya kepala seseorang di tusuk dengan jarum dari besi itu lebih baik dari pada menyentuh wanita yang tidak halal baginya.” (Hadits hasan riwayat Thobroni dalam Al-Mu’jam Kabir 20/174/386 dan Rauyani dalam Musnad: 1283 lihat Ash Shohihah 1/447/226)

Syiah adalah aliran sesat dan menyimpang dari ajaran islam. Majoriti rakyat Iran, termasuk Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad adalah orang sesat.khabar 2 yg menjelaskan tentang kesesatan syiah: http://www.hakekat.com , http://www.haulasyiah.wordpress.com , http://www.gensyiah.com , http://www.syiahindonesia.com

Sesungguhnya salafi  bukanlah aliran sesat, juga bukan teroris. Bahkan salafi adalah golongan yang paling konsisten dengan ajaran islam tetapi bukan zaman kini.kini banyak yg akui salafi,salafi yang hakikatnya/betul adalah salafi selepas 50 thun kewafatan nabi muhammad s.w.t : http://www.muslim.or.id , http://www.almanhaj.or.id , http://www.alsofwah.or.id , http://www.muslimah.or.id , http://www.jilbab.or.id , http://www.salafy.or.id , dll

janganlah salah seorang di antara kamu mengharapkan kematian kerana (tidak tahan dengan) musibah yang menimpanya, dan apabila dia memang harus mengharapkan, sebaiknya dia berkata: Ya Allah! Hidupkanlah aku selama kehidupan itu yang terbaik bagiku, dan matikanlah aku jika kematian itu yang terbaik bagiku. (Shahih Muslim No.4840)

Janganlah kamu saling benci-membenci, saling mendengki dan saling bermusuhan, tetapi jadilah kamu hamba-hamba Allah yang bersaudara.jangan salah gunakanka erti "saudara".tidak halal seorang muslim mendiamkan (tidak menyapa) saudaranya lebih dari tiga hari. (Shahih Muslim No.4641)

Hindarilah oleh kamu sekalian berburuk sangka kerana buruk sangka adalah ucapan yang paling dusta. Janganlah kamu sekalian saling memata-matai yang lain, janganlah saling mencari-cari aib yang lain, janganlah kamu saling bersaing (kemegahan dunia), janganlah kamu saling mendengki dan janganlah kamu saling membenci dan janganlah kamu saling bermusuhan tetapi jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara. (Shahih Muslim No.4646)

Tidak ada seorang muslim pun yang tertimpa suatu penyakit dan lainnya kecuali Allah akan menghapus dengan penyakit tersebut kesalahan-kesalahannya seperti sebatang pohon yang luruh dedaunnya. (Shahih Muslim No.4663)

Tidak ada seorang muslim pun yang tertusuk duri atau tertimpa bencana yang lebih besar dari itu kecuali akan tercatat baginya dengan bencana itu satu peningkatan darjat serta akan dihapuskan dari dirinya satu dosa kesalahan. (Shahih Muslim No.4664)

Tidak ada satu kepedihan pun atau keletihan atau penyakit atau kesedihan yang menimpa seorang muslim kecuali akan dihapuskan dengan penderitaannya itu sebagian dari dosa kesalahannya. (Shahih Muslim No.4670)

Janganlah kamu sekalian terlalu bersedih dan tetaplah berbuat kebaikan kerana dalam setiap musibah yang menimpa seorang muslim terdapat penghapusan dosa bahkan dalam bencana kecil yang menimpanya atau kerana sebuah duri yang menusuknya. (Shahih Muslim No.4671)

Seorang muslim itu adalah saudara bagi muslim yang lainnya, dia tidak boleh menzaliminya dan menghinakannya. Barang siapa yang membantu keperluan saudaranya (sesama muslim), maka Allah akan memenuhi keperluannya. Barang siapa yang melapangkan satu kesusahan seorang muslim, maka Allah akan melapangkan untuknya satu kesusahan di antara kesusahan-kesusahan hari kiamat nanti. Dan barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat. (Shahih Muslim No.4677)

hendaklah seseorang itu menolong saudaranya yang lain baik yang zalim maupun yang dizalimi. Kalau terhadap yang zalim hendaklah dicegah perbuatan zalimnya kerna begitulah cara memberikan pertolongan kepadanya, dan terhadap yang dizalimi maka hendaklah ia membelanya. (Shahih Muslim No.4681)

Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling kasih, saling menyayangi dan saling cinta adalah seperti sebuah tubuh, jika salah satu anggotanya merasa sakit, maka anggota-anggota tubuh yang lain ikut merasakan sulit tidur dan demam. (Shahih Muslim No.4685)

Sesungguhnya Allah itu Maha Lembut yang menyukai kelembutan. Allah akan memberikan kepada orang yang bersikap lembut sesuatu yang tidak diberikan kepada orang yang bersikap keras dan kepada yang lainnya. (Shahih Muslim No.4697)

Ya Allah! Sesungguhnya aku hanyalah manusia biasa, maka siapa saja dari kaum muslimin yang aku caci atau aku laknat atau aku pukul, maka jadikanlah itu sebagai zakat dan rahmat baginya. (Shahih Muslim No.4706)

Bukanlah termasuk pendusta orang yang berdusta untuk mendamaikan antara manusia. Dia berkata yang baik dan menyampaikan yang baik pula. (Shahih Muslim No.4717).hukum berdusta ini harus kerana ingin menyelamatkan kawannya daripada kezaliman sahabatnya

Rasulullah SAW melarang mengapur kubur, duduk-duduk di atas kubur dan membina membangun dengan bata atau dengan ubin,tapi (hendaknya kubur itu) berupa unggukan tanah saja setinggi satu jengkal. (HR. Muslim)...tapidigalakkan ziarah kubr

Barangsiapa mencari mati syahid dengan sungguh-sungguh maka akan Aku berikan kepadanya (pahala mati syahid) meskipun dia mati di atas tempat tidurnya. (HR. Muslim)

“Perbanyaklah mengingat kematian maka kamu akan terhibur dari (kelelahan) dunia, dan hendaklah kamu bersyukur. Sesungguhnya bersyukur akan menambah kenikmatan Allah, dan perbanyaklah doa. Sesungguhnya kamu tidak mengetahui bila doamu akan terkabul.” (HR. Ath-Thabrani)

dunia di awali dengan kesulitan dan di akhiri dengan kebinasaan, yang Halal akan di hisab dan yang Haram akan berujung siksa, yang kaya iman nya akan menghadapi ujian dan fitnah, dan yang miskin iman akan dalam kesusahan …….


Apa kabar cinta?….Masihkah tetap untuk-NYA? Apa kabar rindu?…..Masihkah tetap untuk surgaNYA? Apa kabar hati?…Masihkah sesejuk dan sebening embun pagi….?

unknown

aku ingin mencintaimu dengan sederhana: dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu, dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

“Lihatlah orang yang hidupnya lebih susah darimu dan jangan melihat orang yang hidupnya lebih enak darimu, krn hal itu lebih patut agar engkau sekalian tidak menganggap rendah nikmat Allah yang telah diberikan kepadamu.” (Muttafaq Alaihi)

Barangsiapa mendatangi dukun peramal dan bertanya kepadanya tentang sesuatu (lalu mempercayainya) maka solatnya selama empat puluh malam tidak akan diterima. (HR. Muslim)

“Pengubatan dgn ruqyah Al-Qur`an mrupakan Sunnah Nabi & para sahabatnya. Mereka dahulu mngobati org yg kesurupan jin, terkena sihir &sluruh penyakit dgn ruqyah. Mreka meyakini bhwa ruqyah trmasuk amln yang halal & bermanfaat, smentara yg mnyembuhkan hanyalah Allah saja.” (Al-Muntaqa min Fatawa Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan, juz 1, jawaban soal no. 77)

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang mengambil gambar (makhluk hidup) dan memasukkannya ke dalam rumah dan melarang untuk membuat yang seperti itu.” (HR. At-Tirmidzi no. 1749, kitab Al-Libas ‘An Rasulillah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bab Ma Ja`a fish Shurah. Dihasankan Asy-Syaikh Muqbil dalam Hukmu Tashwir, hal. 17)

Kawan ana suka sangat ambil gambar,mojoritinya memang semua insan begitu.begitulah tabiat manusia yang jahil tentang agama.Ingat "Semua tukang gambar (makhluk bernyawa) itu di neraka. Allah memberi jiwa/ruh kepada setiap gambar (makhluk hidup) yang pernah ia ambil gambar (ketika di dunia), maka gambar-gambar tersebut akan menyiksanya di neraka Jahannam.”
Jika kamu memang terpaksa bekerja sebagai tukang gambar, maka buatlah gambar pohon dan benda-benda yang tidak memiliki jiwa/ruh.” (HR. Muslim no. 5506, kitab Al-Libas waz Zinah, bab Tahrimu Tashwiri Shuratil Hayawan …)

“Malaikat tidak akan masuk ke rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar-gambar (binatang/manusia).” (Hadits riwayat Bukhari)

“Pudarnya Islam adalah karena empat sifat manusia. Pertama: orang yang tidak mengamalkan ilmu mereka. Kedua: orang yang beramal tanpa landasan ilmu. Ketiga: orang yang tidak beramal dan tidak berilmu. Dan keempat: orang yang menghalangi manusia mencari ilmu.” (Muhammad bin al-Fadhl)

sesungguhnya acara2 buatan org kafir sperti pertandingan2 olah raga, kontes2 musik/kecantikan, dan berbagai hura2 tlah menyibukkan hati&otak umat islam shg tidak sempat lg memikirkan nasib saudara2nya yg ditindas&dibantai musuh di berbagai belahan bumi sperti Checnya, Kasymir, Pattani, Mindanao, Ethiopia, Palestina, Afganistan, Turkistan, dll

menegakkan hukum islam adalah wajib bagi pemerintah negeri ini, maka stiap partai atau anggota DPR yg menghalangi penegakan syariat islam di Indonesia brarti dia tlah berdiri di barisan balatentara iblis&setan yg brusaha mjauhkan umat islam dr agamanya. “Barang siapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir” (Al Maidah ayat 44)

“Sembunyikanlah kebaikan-kebaikanmu sebagiamana engkau menyembunyikan keburukan-keburukanmu, dan janganlah engkau kagum dengan amalan-amalanmu, sesungguhnya engkau tidak tahu apakah engkau termasuk orang yang celaka (masuk neraka) atau orang yang bahagia (masuk surga)”. (Abu Hazim Salamah bin Dinar)

hadits2 yg populer tapi ternyata dhaif(lemah) atau maudhu(palsu): Tuntutlah ilmu walaupun ke negeri cina, Cinta tanah air adalah sebagian dari iman, Perbedaan di kalangan umat islam adalah rahmat, Barangsiapa yang mengenal dirinya maka dia telah mengenal Rabb-nya, Hadits larangan tidur setelah sholat asar,

jangan kamu membiarkan patung kecuali kamu hancurkan dan jangan kamu membiarkan kuburan yang menonjol lebih tinggi kecuali kamu ratakan’ (hadits riwayat Muslim)


kaedah PENGuBATAN NABI, PENGuBATAN ISLAMI, PENGuBATAN ALTERNATIF

Dari berbagai hadits dan ayat-ayat Al Quran bisa digali berbagai jenis pengobatan yang diajarkan nabi:

1. Bekam/hijamah
2. Madu
3. Susu onta
4. Air Kencing Onta
5. Habbatussauda (jintan hitam/nigela sativa)
6. Ruqyah
7. Perbanyak puasa
8. Air zam-zam
9. Kurma ajwah (kurma madinah)
10. Perbanyak dzikir
11. Baca Al Quran
12. perbanyak sedekah

silahkan baca buku karya ibnu Qoyyim yang berjudul Metode Pengobatan Nabi, juga buku-buku lain yang sejenis,

==============================================

Contoh-contoh aplikasinya:

PENGOBATAN BAGI HIPERTENSI:

1. Di bekam minimal 4 hari sekali,
2. Minum madu yang asli, kalau bisa 100 ml perhari
3. Mengonsumsi habbatussauda, kalau bisa 50-100 gram perhari
4. Diruqyah tiap hari
5. minum air zam-zam
6. Minum susu onta, kalau tidak ada diganti susu kambing
7. Makan kurma 7 butir tiap pagi, perbanyak makan kurma di waktu lain
8. Perbanyak puasa sunnah, misalnya puasa dawud, tapi jangan puasa sunnah pada hari sabtu
9. Obat-obat dari dokter tetap diminum
10. Gunakan juga obat-obat herbal yang sesuai
11. Perbanyak doa minta kesembuhan dan kesehatan

==============================================

PENGOBATAN BAGI DIABETiS (sakit gula):

1. Di bekam minimal 4 hari sekali,
2. Minum madu yang asli, kalau bisa 100 ml perhari
3. Mengonsumsi habbatussauda, kalau bisa 50-100 gram perhari
4. Diruqyah tiap hari
5. minum air zam-zam
6. Minum susu onta, kalau tidak ada diganti susu kambing
7. Makan kurma 7 butir tiap pagi, perbanyak makan kurma di waktu lain
8. Perbanyak puasa sunnah, misalnya puasa dawud, tapi jangan puasa sunnah pada hari sabtu
9. Obat-obat dari doktor tetap diminum
10. Gunakan juga ubat herba yang sesuai
11. Perbanyak doa minta kesembuhan dan kesehatan

==================================================

PENGOBATAN BAGI KANSER/TUMOR:

1. Di bekam minimal 4 hari sekali,
2. Minum madu yang asli, kalau bisa 100 ml perhari
3. Mengonsumsi habbatussauda, kalau bisa 50-100 gram perhari
4. Diruqyah tiap hari
5. minum air zam-zam
6. Minum susu unta, kalau tidak ada diganti susu kambing
7. Makan kurma 7 butir tiap pagi, perbanyak makan kurma di waktu lain
8. Perbanyak puasa sunnah, misalnya puasa dawud, tapi jangan puasa sunnah pada hari sabtu
9. Obat-obat dari doktor tetap diminum
10. Gunakan juga ubat herba yang sesuai
11. Perbanyak doa minta kesembuhan dan kesehatan

========================================================

PENGuBATAN BAGI PENYAKIT JIWA, STRESS, GILA, DLL:

1. Di bekam minimal 4 hari sekali,
2. Minum madu yang asli, kalau bisa 100 ml perhari
3. Mengonsumsi habbatussauda, kalau bisa 50-100 gram perhari
4. Diruqyah tiap hari
5. minum air zam-zam
6. Minum susu unta, kalau tidak ada diganti susu kambing
7. Makan kurma 7 butir tiap pagi, perbanyak makan kurma di waktu lain
8. Perbanyak puasa sunnah, misalnya puasa dawud, tapi jangan puasa sunnah pada hari sabtu
9. Obat-obat dari doktor tetap diminum
10. Gunakan juga ubatan herba yang sesuai
11. Perbanyak doa minta kesembuhan dan kesihatan

====================================================

PENGuBATAN BAGI PENYAKIT ALERGI:

1. Di bekam minimal 4 hari sekali,
2. Minum madu yang asli, kalau bisa 100 ml perhari
3. Mengonsumsi habbatussauda, kalau bisa 50-100 gram perhari
4. Diruqyah tiap hari
5. minum air zam-zam
6. Minum susu unta, kalau tidak ada diganti susu kambing
7. Makan kurma 7 butir tiap pagi, perbanyak makan kurma di waktu lain
8. Perbanyak puasa sunnah, misalnya puasa dawud, tapi jangan puasa sunnah pada hari sabtu
9. Obat-obat dari doktor tetap diminum
10. Gunakan juga obat-obat herba yang sesuai
11. Perbanyak doa minta kesembuhan dan kesehatan

===========================================================

PENGuBATAN BAGI YANG TERKENA SIHIR/GUNA-GUNA:

1. Diruqyah secara islami, jgn ruqyah yg sesat
2. Minum madu yang asli, kalau bisa 100 ml perhari
3. Mengonsumsi habbatussauda, kalau bisa 50-100 gram perhari
4. Dibekam minimal 1 minggu sekali
5. minum air zam-zam
6. Minum susu unta, kalau tak dok diganti susu kambing
7. Makan kurma 7 butir tiap pagi, perbanyak makan kurma di waktu lain
8. Perbanyak puasa sunnah, misalnya puasa dawud, tapi jangan puasa sunnah pada hari sabtu
9. Obat-ubat dari doktor tetap diminum
10. Gunakan juga ubat-ubat herbal yang sesuai
11. Perbanyak doa minta kesembuhan dan kesehatan

================================

dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku, (SURAT ASY SYU’ARAA’ ayat 80)

Berilmulah, wahai saudaraku ! Dan jadikanlah tujuan kalian dalam menuntut ilmu, mencari keridhaan Alloh semata. Janganlah engkau jadikan tujuan menuntut ilmu dalam rangka membantah ulama, menonjolkan diri dalam majelis, bersaing dan pamer kepada khalayak ramai. Rasulullah Shalallohu ‘alaihi wa salam bersabda.

“Barang siapa menuntut ilmu untuk membodohi orang, atau menentang para ulama, atau mencari perhatian manusia, maka dia masuk neraka” [Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dalam Muqaddimah 253, dan disohkan Al–Albani lihat Al–Misykat 225–226 ; bersumber dari sahabat Ibnu Umar Rhadiyallahu ‘anhu]

Hadits ini merupakan peringatan keras bagi orang yang tidak ikhlas dalam menuntut ilmu, serta tujuannya dalam menuntut ilmu tidak dalam rangka mencari keridhoan Alloh Jalla Jalaluhu.

Sebagaimana yang telah saya sampaikan sebelumnya, bahwa syetan selalu mengintai dan membisikkan kepadamu untuk tidak berbuat ikhlas kepada Alloh Jalla Jalaluhu, maka janganlah engkau mengikutnya dan upayakanlah dirimu untuk senantiasa ikhlas dalam segala hal, utamanya menuntut ilmu, oleh karena itu teruslah menuntut ilmu !.

Berkata Sufyan Ats–Tsauri : “Dulu kami menuntut ilmu untuk selain Alloh tetapi ilmu itu enggan kecuali hanya untuk Alloh Jalla Jalaluhu.” Maknanya, jiwa itu selalu memiliki tuntutan serta keinginan, terlebih lagi ketika menginjak usia muda dan memasuki usia remaja, jiwa ini memiliki keinginan dan dorongan yang sangat kuat untuk melakukan berbagai macam perkara sesuai dengan kadar kejahilannya, atau ilmu yang dimiliki serta keikhlasan kepada Rabbnya serta keikhlasan kepada Rabbnya serta rasa ittiba’nya kepada Rasulullah Shalallohu ‘alaihi wa salam.

[Disalin dari Majalah Al-Furqon Edisi 8 Tahun V/Rabi’ul Awwal 1427H/April 2006.

Sumber : http://www.almanhaj.or.id/content/1869/slash/0
silahkan add ym:maliki91@yahoo.com

Wajibnya Manusia akan ilmu dan sangat memerlukannya


Sebagaimana halnya makanan, yang dipergunakan manusia untuk meneruskan hidup. Kerana seandainya keimanan tidak dipupuk dengan ilmu, maka ibarat tanaman menjadi layu bahkan hancur.

Sehingga tidaklah terwujud darjat iman seorang kecuali dengan ilmu. Al Imam Ahmad menyatakan : “Manusia sangat memerlukan ilmu dari sekedar menyantap makanan dan minuman; kerna makanan dan minuman diperlukan oleh manusia sekali atau dua kali dalam sehari.

Sedangkan ilmu ilmu diperlukan setiap saat.” (Thobaqot Al Hanabilah 1/147)

Bahkan seluruh makhluk Allah sangat memerlukan kepada ilmu. Kerana tidak akan tegak urusan makhluk kecuali dengan ilmu.

Langit-langit dan bumi boleh berdiri kokoh adalah dengan ilmu, begitu pula diturunkannya para rasul dan kitab-kitab-Nya juga dengan ilmu. Serta tidak akan diketahui perkara halal-haram kecuali dengan ilmu.

Oleh karena itu, kewajiban seseorang dalam menuntut ilmu syar’i berlangsung hingga menjelang wafat.

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam senantiasa menyampaikan dakwah dan nasihat hingga menjelang wafat beliau.

Diriwayatkan oleh Al Hakim di dalam Mustadraknya dan dia berkata : -di atas syarat dua syaikh- dari hadits Anas radliyallahu’anhu dari Nabi Shallallahu’alaihi wasallam bahwasanya beliau bersabda : “Dua keinginan yang tidak pernah merasa puas darinya : “Keinginan terhadap ilmu dan tidak pernah merasa puas darinya, dan keinginan terhadap dunia dan tidak pernah merasa puas darinya.”

Nabi menjadikan keinginan terhadap ilmu dan tidak pernah merasa puas darinya sebagai komitmen iman dan sifat-sifat kaum mukminin. Oleh kerana itu para imam kaum muslimin apabila dikatakan kepada mereka : “Sampai bila engkau mahu menuntut ilmu?” maka dia mengatakan : “sampai wafat!”

Nu’aim bin Hammad berkata : “Aku mendengar Abdullah ibnul Mubarak radliyallahu’anhu berkata – sekelompok kaum mencelanya kerana beliau sering menuntut ilmu hadits.

Maka mereka mengatakan ; “sampai bila engkau mendegarkan (hadits)? Beliau menjawab : “sampai mati!”

Al Hasan bin Manshur Al Jashshosh berkata : “Aku mengatakan kepada Ahmad bin Hambal radliyallahu’anhu : “Sampai bila engkau akan menulis hadits?” maka beliau mejawab : “Hingga wafat!”

Abdullah bin Muhammad Al Baghawi berkata : “Aku mendengar Ahmad bin Hambal berkata : “Sesungguhnya aku menuntut ilmu sampai masuk ke liang kubur.”

Muhammad bin Isma’il As Shooigh berkata : “Aku tinggal bersama ayahku di Baghdad, kemudian lewat di hadapan kami Ahmad bin Hambal dalam keadaan memegang sandal. Lantas ayahku menarik bajunya, dan berkata : “Wahai Abu Abdillah (panggilan Ahmad bin Hambal), apakah engkau tidak malu! sampai bila engkau mahu menuntut ilmu? Beliau menjawab : “sampai mati!”

Demikianlah beberapa perkataan para ulama yang menerangkan begitu semangatnya mereka dalam menuntut ilmu. Sehingga mereka mencurahkan waktu dan tenaga untuk meraih lazatnya ilmu.

Sesungguhnya bagi siapa saja yang memahami hikmah dibalik perintah menuntut ilmu tersebut niscaya dia tidak akan pernah menyia-nyiakan waktunya sedikitpun dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Dia akan merasa rugi tatkala luput dari manisnya ilmu.

Dia akan memanfaatkan masa sihatnya untuk banyak menimba ilmu sebelum tiba masa sakit. Serta dia akan mengisi waktu hidupnya dengan hal-hal yang mengundang keridhoan Allah Subhanahu wa Ta’ala sebelum ajal tiba.

Begitulah seharusnya tanggapan seorang mukmin yang mengharapkan perjumpaan Rabbnya.

Seiring dengan itu, syetan juga tak pernah menyerah untuk menjerumuskan manusia ke lembah kebodohan. Sehingga dengan kebodohan seseorang terhadap ilmu mengakibatkan lemahnya keimanan dan rendahnya ketaqwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Sesungguhnya orang yang bodoh tidak mengetahui hakekat iman dan taqwa. Dan tidak mengetahui pula jalan untuk menuju keselamatan berdasarkan ilmu dan keyakinan yang mantap.

Tentu saja hal ini semakin membuka peluang bagi syetan untuk menggiring orang tersebut kepada kemaksiatan dan kesesatan. Tatkala kebodohan telah ber maharajalela, maka akan meningkat pula kemaksiatan, cinta kepada dunia yang berlebihan dan takut apabila kematian menjemputnya, dan sebagainya.

Semua Ini merupakan diantara sebab lemahnya kaum muslimin, sehingga Allah menimpakan kehinaan kepada mereka. Rasa gentar yang m'hantui pada jiwa-jiwa musuh-musuh Islam hilang seiring dengan dicabutnya kewibawaan kaum muslimin.

Sementara majoriti manusia terlena dengan kehidupan dunia yang fana ini dan melupakan akhirat yang kekal abadi.

Oleh kerana itu diantara sifat-sifat penuntut ilmu yang diajarkan oleh rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam adalah ihklas dalam menuntut ilmu. Sebab dengan keikhlasan ini akan menghantarkan seseorang kepada tingkatan hamba yang sangat perlu kepada ilmu dan membentenginya dari riya’ (ingin dipuji oleh orang lain) dan sebagainya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Barangsiapa yang mempelajari ilmu dari apa-apa yang dia cari dengannya wajah Allah Azza wa Jalla. Tidaklah dia belajar kecuali untuk memperoleh bahagian dari dunia, maka dia tidak akan mencium wangi syurga pada hari kiamat.” (HR Ibnu Majah, Al Muqadimah 1/252 dan Ahmad, Al Musnad 2/338)

Dalam berhias dengan keikhlasan ini juga harus dibimbing dengan ilmu dan tidak cukup dengan modal semangat semata. Sebab berapa banyak orang yang pada awalnya ikhlas dalam melaksanakan amalan, namun tatkala berada di tengah perjalanan mengalami penurunan secara mendadak.

Ini semua tidak lepas daripada memerangi syaitan dalam menggoda bani Adam. Syaitan berupaya untuk memberikan rasa was-was di dalam diri manusia sehingga memperngaruhi keikhlasan. Oleh kerana itu ilmu sangat besar terhadap keikhlasan seseorang.

Cukuplah bagi seorang muslim akan berita Allah Subhanahu wa Ta’ala bahwa ilmu merupakan sebaik-baik ganjaran dalam berbuat kebaikan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan membenarkannya, mereka itulah orang-orang yang bertakwa. Mereka memperoleh apa yang mereka kehendaki pada sisi Tuhan mereka.

Demikianlah balasan bagi orang yang berbuat baik, agar Allah akan menutupi (mengampuni) bagi mereka perbuatan yang paling buruk yang mereka kerjakan dan membalas mereka dengan ganjaran yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.” (Az Zumar 33-35). Dan ini menunjukkan dua ganjaran baik di dunia dan akhirat.

Al Hasan Berkata : “Barangsiapa yang sangat baik peribadatannya kepada Allah pada masa mudanya, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menganugerahkan hikmah (Ilmu) kepadanya tatkala beranjak dewasa.”

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala : “Dan tatkala dia (Nabi Yusuf) cukup dewasa kami berikan kepadanya hikmah dan ilmu. Demikianlah kami memberikan balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Al Ilmu Fadluhu wa Syarfuhu 226-227)

Demikian sifat dan kedudukan ilmu yang sangat mulia sebagai ganjaran yang paling berharga bagi seorang muslim yang ingin menggapainya.


Kita memohon kepada Allah agar dibukakan pintu hati kita dengan taufik dan hidayah-Nya. Sehingga kita senantiasa perlu kepada ilmu yang bermanfaat. Dan mudah-mudahan Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa mencurahkan kepada jiwa kita perasaan cukup terhadap nikmat-nikmat yang diberikan-Nya. Amin Yaa Mujibas Saailin.




Membuka Cakrawala dengan Banyak Membaca

Membaca adalah kunci ilmu. Dan tidak diragukan lagi bahwa membaca adalah salah satu sebab yang paling penting untuk mendapatkan ilmu. Jikalau seseorang tidak mau membaca maka dia tidak akan dapat belajar dengan baik, dan tidak akan dapat merealisasikan hikmah dari penciptaannya di dunia, yakni agar beribadah kepada Allah Subhannahu wa Ta’ala, taat kepada-Nya dan memakmurkan bumi.

Membaca memungkinkan bagi seseorang untuk mengetahui berbagai hal yang ingin diketahuinya dengan tanpa harus melalui orang lain. Dan membaca memberikan banyak sekali manfaat. Secara ringkas dapat disebutkan sebagai berikut:
· Bahwa membaca -termasuk menulis- merupakan kunci ilmu.

· Membaca merupakan sebab terbesar untuk dapat mengenal Allah Subhannahu wa Ta’ala, beribadah kepada-Nya, taat kepada-Nya dan Rasul-Nya.

· Bahwa membaca merupakan salah satu sebab paling dominan bagi kemakmuran bumi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi.

· Dengan membaca kita dapat mengetahui keadaan umat-umat yang terdahulu dan dapat mengambil manfaat dari mereka.

· Membaca merupakan sebab bagi seseorang untuk memiliki berbagai ketrampilan dan mengetahui berbagai perusahaan dan mesin-mesin yang bermanfaat.

· Dengan membaca orang akan mengetahui hal-hal yang bermafaat dan yang berbahaya di dalam kehidupan ini.

· Membaca merupakan salah satu sebab seseorang memiliki akhlak yang terpuji, sifat-sifat yang tinggi serta perilaku yang lurus.

· Dengan membaca seseorang dapat memperoleh pahala yang besar dan balasan yang banyak, terutama jika yang dibaca adalah Kitabullah atau buku-buku yang bermanfaat yang menunjukkan kepada kebaikan dan mencegah dari keburukan.

Demikanlah, dan disebabkan ilmu adalah lautan luas yang tiada bertepi sedangkan umur manusia adalah sesuatu yang sangat pendek dan singkat maka selayaknya manusia menjaga umurnya dengan banyak membaca buku-buku yang bermanfaat serta mengamalkannya, memulai dari yang terpenting kemudian yang penting, mempelajari kitabullah dan tafsirnya serta mengamalkannya, juga mempelajari dan mengamalkan Sunnah Rasul Shalallaahu alaihi wasalam. Keduanya adalah sumber kebahagiaan dan keselamatan. Beliau telah bersabda, maksudnya,
“Sesungguhnya telah aku tinggalkan di tengah-tengah kalian sesuatu yang jika kalian semua bepegang teguh dengannya, maka tidak akan sesat selama-lamanya,(yaitu) Kitabullah dan sunnah Nabi-Nya.”


Urutan buku yang layak dibaca:
Buku-buku tentang aqidah islam yang sesuai dengan manhaj ahlus sunnah wal jamaah (manhaj salaf), misalnya karya ibnu Taimiyah, ibnul qayyim al jauziyah, syaikh Abdullah bin Baz, syaikh Muhammad Nashirudin Al Albani, syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, dll
Buku-buku tentang fiqh, cara-cara ibadah fardhu (shalat, zakat, puasa, dll), cara-cara ibadah sunnah, dll yang sesuai dengan manhaj ahlus sunnah wal jamaah (manhaj salaf)
Buku-buku hadits shahih yang sesuai dengan manhaj ahlus sunnah wal jamaah (manhaj salaf), misalnya Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Shahih Sunan Abu Dawud, Shahih Sunan An Nasa’i, dll
Buku-buku tafsir yang sesuai dengan manhaj ahlus sunnah wal jamaah (manhaj salaf), misalnya Tafsir Ibnu Katsir
Buku-buku sejarah islam yang sesuai dengan manhaj ahlus sunnah wal jamaah (manhaj salaf), misalnya kitab Al Bidayah Wan Nihayah karya ibnu katsir
Buku-buku bantahan terhadap perbuatan sesat dan aliran sesat, misalnya Minhajus sunnah karya ibnu taimiyah yang membantah aliran syiah, atau buku-buku karya Hartono Ahmad Jaiz, dll
Buku-buku lain yang bermanfaat

Contoh buku sesat yang tidak boleh dibaca: buku-buku karya orang syiah, jaringan islam liberal, tokoh-tokoh bid’ah, aliran sesat, kaum orientalis, dll

Disadur dari kutaib, “Ahmiyatul Qira’ah wa Fawaiduha,” hal 8-14, Syaikh Abdullah bin Jarullah al-Jarullah. (Abu Ahmad Taqiyudin)
Sumber: http://www.alsofwah.or.id (buletin an Nur)


Memotivasi Diri Untuk Belajar Ilmu Syar’i (ilmu agama)

Saat ini, orang yang mau belajar dan menekuni ilmu syar’i sudah sangat langka, yang banyak adalah belajar ilmu syar’i sekadarnya. Misalnya sekadar mengikuti mata pelajaran agama di sekolah yang isinya sangat kurang. Akibatnya, banyak umat Islam yang buta akan ajaran agamanya. Jangankan pengetahuan ilmu syar’i secara umum, hal-hal yang wajib diketahui dalam urusan agama pun banyak yang tidak tahu.

Yang dimaksud ilmu syar’i (agama) di sini adalah ilmu syar’i yang benar-benar shahih berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah sesuai dengan manhaj (pemahaman dan pengamalan) para ulama Salaf.

Kedua, yang dimaksud ilmu syar’i di sini adalah yang menghantarkan seseorang kepada takwa (Lihat QS. Fathir: 28), sehingga ia selalu menjaga keta’atan kepada Allah, baik ketika bersendiri maupun di tengah2 banyak orang.

Ketiga, ilmu syar’i yang kita maksud di sini adalah yang mendorong pemiliknya untuk mengamalkannya. Ia tidak sekedar wacana, teori atau sekadar pengetahuan.

Sebab Kurangnya Motivasi

Ada banyak sebab sehingga seseorang kurang atau tidak semangat tuk belajar ilmu syar’i. Di antara yang terpenting adalah:

Pertama, Tidak Mengetahui Tingginya Kedudukan Ilmu Syar’i.

Padahal Nabi Shallallaahu alaihi wasalam menyatakan, ertinya: “Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah kebaikan untuknya, niscaya ia difahamkan dalam urusan agamanya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim). Bukti Allah menghendaki kebaikan bagi seorang hamba adalah dengan menganugerahinya pemahaman ilmu syar’i. Mereka itulah ulama, pewaris para nabi, penjaga syari’ah dan kemurnian agama Allah (Lihat QS. At-Taubah: 122). Ibnu Qayyim Rahimahullaah berkata: “Barangsiapa mencari ilmu untuk menghidupkan Islam, maka ia termasuk orang-orang shiddiqin, yang derajatnya setelah derajat para nabi ‘alaihimus salam.”

Kedua, Tidak Mengetahui Kewajipan Mencari Ilmu Syar’i.

Memang, tidak semua ilmu syar’i wajib kita ketahui secara luas dan mendalam. Misalnya harus memahami ilmu tafsir, hadits, aqidah, fiqh, faraidh dsb, sebab yang demikian itu adalah tugas para ulama (Lihat QS. At-Taubah: 122). Tetapi di dalam Islam, ada ilmu yang hukum mempelajarinya adalah fardhu ain (wajib bagi setiap individu muslim). Yaitu ilmu syar’i yang berkaitan dengan ibadah dan muamalah yang dikerjakan seseorang. Seperti syahadat, solat, puasa, zakat, haji bagi yang mampu, dsb. Artinya, orang yang mengerjakan solat misalnya, harus terlebih dahulu belajar tentang solat secara benar sesuai tuntunan RasulAllah . Bila tidak belajar tentang tata cara2 untuk solat, maka dia berdosa sebab mengakibatkan  kesalahan dalam solatnya, demikian juga dengan amalan yang lain.

Ketiga, Terjangkit Penyakit Cinta Dunia dan Takut Mati.

Kini majoriti umat Islam memandang sesuatu dengan kaca mata duniawi.Sejauh mana sesuatu itu boleh mendatangkan manfaat material dan boleh menjamin kesejahteraannya di dunia. Kerana dalam pandangan mereka ilmu syar’i tidak menjanjikan kekayaan, jabatan dan kemasyuran maka mereka enggan mempelajarinya. Padahal bila manusia hidup sekadar untuk memenuhi keperluan jasmani (materi), maka tidak ada bezanya dengan binatang. (Lihat QS. Muham-mad:12) keperluan jasmani tidak menjamin kebahagiaan dan ketenangan. Kebahagiaan letaknya di hati, sedangkan hati makanannya adalah ilmu syar’i yang mendekatkannya kepada Allah Maha Pemberi, yang memberikan kebahagiaan hakiki, di dunia maupun di akhirat.

motivasiI untuk Belajar Ilmu Syar’i

1. Ikhlas Kerana Allah.
Saranan terbesar untuk motivasikan seseorang belajar ilmu syar’i adalah niat yang ikhlas dan jujur kepada Allah. Orang yang belajar kerana Allah semata, akan mendapatkan pertolongan Allah, sehingga semangatnya terus berkobar. Imam Ibnu Jamaah rahima-hullah menegaskan tentang ikhlas: “Hendaknya dalam belajar ia memaksudkan hanya untuk mengharapkan ridha Allah, mengamalkannya, menghidupkan syari’ah-Nya, menerangi hatinya, menghiasi batinnya dan untuk mendapatkan janji Allah bagi para ahli ilmu. Sebaliknya, tidak untuk mendapatkan hal-hal duniawi, seperti kepemimpinan, jabatan, harta, dan pujian manusia !
Jika seseorang merasa kurang ikhlas, maka jangan lantas berhenti menuntut ilmu, tetapi wajib memaksa dirinya untuk ikhlas kerana Allah, berusaha terus memperbaiki niat dan membersihkannya. Bila dia benar-benar jujur kepada Allah untuk mencapai keikhlasan, insya Allah ia akan dimudahkan Allah.

2. Mengenal Perjuangan Ulama Salaf Dalam Menuntut Ilmu.
Imam Syafi’i rahimahullah pernah ditanya, “Bagaimana hasrat tuan terhadap ilmu?”Beliau manjawab, “Saya seperti mendengar kata-kata yang tidak pernah saya dengar. Saya bahkan ingin agar saya punya banyak pendengaran, supaya mampu menikmati seperti yang dinikmati oleh kedua telinga saya”. “Bagaimana kerakusan anda terhadap ilmu?” Beliau menjawab,“Seperti sifatkan pencari harta yang mencapai puncak kenikmatan kerana hartanya.’ ‘Bagaimana tuan mencari ilmu?’ beliau menjawab ‘Seperti seorang ibu yang bingung mencari anaknya, yang semata wayang’. Ibnu Asakir dalam menceritakan Abu Manshur Muhammad bin Husain An-Naisaburi berkata, ‘Beliau terus bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, meski dalam suasana fakir. Bahkan beliau mengulangi dan menulis pelajarannya di bawah sinar rembulan, kerana tidak mampu membeli minyak lampu.’

Ibnu Katsir berkata, ‘Ilmu tidak boleh diperoleh dengan lara/x kesungguhan.’ Muhammad bin Thahir Al-Maqdisi berkata, ‘Untuk menuntut ilmu hadits, saya mengalami kencing darah dua kali, pertama di Baghdad dan kedua di Makkah. Hal itu kerana saya berjalan dengan kaki telanjang di tengah sengatan terik matahari. Saya tidak pernah naik kenderaan saat mencari hadits kecuali sekali, dan saya selalu membawa kitab-kitab di punggung saya.’ Sementara Imam Baqi bin Mukhallad Al-Andalusi pada tahun 221H berjalan kaki dari Andalus (Spanyol) ke Baghdad untuk menemui dan belajar kepada Imam Ahmad.

3.Mengetahui Penyesalan Ulama Salaf Atas Hilangnya Kesempatan Menuntut Ilmu.

Ahmad bin Ibrahim Al-Abbas berkata, ‘Ketika sampai berita wafatnya Imam Muhammad Ar-Razi, saya masuk bilik dan menangis. Keluargaku mengerumuniku dan bertanya, ‘Apa yang menimpamu?’ ‘Imam Muhammad Ar-Razi telah wafat, kalian melarangku ke sana untuk menuntut ilmu,’ jawab-ku. Akhirnya mereka mengizinkanku mencari ilmu kepada Syaikh Hasan bin Sinan.’ Abu Ali Al-Farisi berkata: ‘Terjadi kebakaran besar di Baghdad, semua kitabku terbakar, padahal saya menulisnya dengan kedua tanganku. Selama dua bulan saya tidak kuasa berbicara dengan seorang pun, kerna kesedihan dan duka yang dalam, bahkan beberapa saat saya dalam keadaan linglung.’ Imam Syu’bah bin Al-Hajjaj berkata, ‘Saya ingat, saya pernah ketinggalan tidak mendengar satu hadits dari Syaikh saya, sehingga saya sakit (keena sangat menyesal dan sedih akibat ketinggalan tersebut).

4. Mengetahui Bagaimana Para Ulama Salaf Tidak Tidur Untuk Menuntut Ilmu.

Dikisahkan, Imam Asad bin Al-Furat melakukan perjalanan ke Iraq untuk belajar daripada Syaikh Muhammad bin Hasan Asy-Syaibani Rahimahullaah. Imam Asad berkata, “Saya orang asing dan bekalanku hanya sedikit, bagaimana agar saya boleh belajar lebih dari sekadar mengikuti kajian tuan?” Syaikh Asy-Syaibani menjawab, “Tetaplah ikut kajian pada siang hari, dan saya khususkan waktu malam untuk mengajarimu sendirian. Menginaplah di rumahku dan kamu akan saya ajari ilmu’. Imam Asad berkata, “Maka saya pun menginap di rumah beliau, beliau mendatangiku dengan membawa sejap air. Beliau lalu membacakan ilmu untukku, jika malam telah larut dan aku mengantuk, beliau mengambil air dan memercikkannya ke mukaku, sehingga saya bersemangat lagi. Demikian terus berlalu, sehingga saya selesai belajar ilmu apa saja yang saya inginkan.”

Abul Qasim Al-Muqri’ berkata, Imam Al-Hazimi senantiasa mutalaah kitab dan mengarang hingga terbit fajar. Seseorang kemudian berkata kepada pembantunya, ‘Jangan kamu berikan minyak untuk pelitanya, barangkali beliau istirahat malam itu.’ Ketika malam tiba, Imam Al-Hazimi meminta minyak kepada pembantunya. Lalu dijawab, minyaknya telah habis. Imam Al-Hazimi lalu masuk ke rumahnya dan solat di dalam kegelapan malam sampai terbit fajar.’

5. Menjauhi Teman-Teman Yang Merugikan agama kita.

Di antara pembunuh semangat belajar ilmu syar’i
 adalah berteman dengan orang-orang ahli maksiat. Tidak kalah bahayanya adalah bergaul dengan orang-orang yang malas serta enggan melakukan kegiatan positif dan bermanfaat. Abu Hurairah berkata, Rasulullah Shallallaahu alaihi wasalam bersabda: “Seseorang itu tergantung agama kawannya. Kerna itu, hendaknya salah seorang dari kamu melihat siapa temannya.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

____________________________________________________________________________
Perasaan yang telah terpengaruh dengan SETAN

Setan adalah musuh yang menyesatkan anak cucu Adam. Mereka menghalangi setiap muslim dari menjalankan kebaikan, termasuk mencari ilmu. Di antara cara setan dalam menghalangi manusia dari mencari ilmu syar’i adalah:

Pertama, menunda-nunda belajar. Setiap kali seseorang ingin mempelajari ilmu dan membaca, setan membisikinya dengan mengatakan, tunda saja esok pagi, sekarang waktunya tidak tepat. Demikian dilakukan setan setiap saat, sampai orang itu menjadi tua, dan tidak berkesempatan mempelajari agamanya.

Kedua, dibisikan bahwa ilmu syar’i tidak akan mampu mengubah sesuatu pun bagi kepebadiannya sekarang. Kenyataan ini dapat kita bantah dengan melihat keadaan para pembaharu dan ulama Salaf. Seperti yang terjadi pada Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan Muhammad bin Abdul Wahab. Senjata mereka dalam memperbaiki keadaan adalah hujjah (dalil) dan ilmu.

Ketiga, membisikan bahwa dirinya tidak akan mampu belajar ilmu syar’i. Apalagi jika yang bersangkutan adalah orang awam yang baru saja bertaubat kepada Allah. Ia merasa tidak boleh menuntut ilmu agama disebabkan terbiasa dengan kemaksiatan dan kemalasan. Ia merasa sulit menghilangkan masa lalunya, sehingga sulit pula belajar ilmu syar’i.begitulah yang pernah ana kaji di MMGM(Alam pesekolahan)

Untuk mengubati penyakit ini ada dua hal penting yang harus diingat, pertama, merubah kebiasaan masa lalu yang buruk menjadi kebiasaan yang terpuji dengan terus melawan hawa nafsu dan membiasakan kebaikan, dan kedua, hendaknya ia merenungkan keadaan para penuntut ilmu. Di antara mereka dahulunya ada orang-orang yang sesat, kemudian Allah menganugerahkan hidayah dan istiqamah kepada mereka, maka mereka menjadi giat menuntut ilmu. Mengapa ia tidak berusaha seperti mereka?

(Dra. Zakiyah)
Sumber: http://www.alsofwah.or.id (buletin An Nur)
Sumber : Peristiwa yg berlaku di indonesia dan kawasan tempatan di malaysia..
Diedit & copy: Syumuluddin@blogspot.com
 Tujuan: Mencari kebenaran peristiwa yang berlaku di atas samada betul @ tidak.
saya harap awak semua memahami ..insyakllah.jika baik ambillah pengajarannya.tetapi awas jangan percaya itu sekadar kajian saya sahaja.


Catatan Popular